Banda Aceh (ANTARA News) - Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Melba Pria bersama Wakil Direktur Utama BNI 46, Felia Salim menanami berbagai jenis pohon di hutan kota BNI Gampong (Desa) Tibang Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh.

Kedatangan Dubes Meksiko dan Wakil Direktur Utama BNI 46 itu disambut Wali Kota Banda Aceh, Mawardy Nurdin dan Wakil Wali Kota Illiza Sa`aduddin Djamal di Desa Tibang, Rabu.

"Hutan kota merupakan salah satu program Pemerintah kota Banda Aceh untuk menghijaukan kembali daerah yang rusak parah akibat bencana alam," kata Wali Kota Banda Aceh, Mawardy Nurdin.

Sambil meninjau dan mengelilingi hutan kota itu, kepada Melia Pria dan Felia Salim, ia juga mengatakan Pemerintah Kota Banda Aceh bersama BNI dan lembaga peduli lingkungan terus berupaya menambah pohon guna mengurangi pemanasan global dan meminimalisasi emisi karbon kendaraan bermotor yang semakin meningkat.

Selain itu taman yang dibangun BNI 46 dan Pemko Banda Aceh di Desa Tibang itu merupakan bekas area yang rusak parah dihantam gelombang tsunami 26 Desember 2004.

"Dengan adanya hutan kota BNI yang berbatasan dengan tambak warga diharapkan juga mampu meminimalkan perembesan air laut ke pemukiman penduduk," kata Mawardy Nurdin.

Wali Kota juga menyampaikan penghargaan kepada BNI yang telah berpartisipasi membangun hutan kota dengan melibatkan masyarakat lokal.

Hutan kota BNI itu juga dapat meningkatkan kembali kualitas keanekaragaman hayati di kawasan yang rusak berat akibat bencana alam itu.

Hutan kota BNI yang diperkirakan selesai pembangunannya pada Desember 2011 juga diharapkan mampu menjadikan kawasan itu menjadi sejuk dan menyediakan sarana rekreasi serta pendidikan alam untuk masyarakat.(*)

(T.KR-IRW/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011