Medan (ANTARA) - PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum (Persero) mendukung program reboisasi di kawasan Danau Toba dengan menyerahkan bantuan sebanyak 15.000 bibit pohon ke Kodim 0210/Tapanuli Utara (TU), Sumatera Utara.

"Dukungan ini kami lakukan agar penghijauan di sekitar Danau Toba terus berlanjut dan dikembangkan," ucap Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin Ende dalam keterangan tertulis di Medan, Kamis.

Ia mengatakan program ini dilakukan sebagai bentuk respons Inalum terhadap reboisasi di kawasan ekosistem Danau Toba dengan terus melakukan penghijauan.

Selain itu, lanjut dia, juga sebagai kepedulian terhadap lingkungan berada di sekitar wilayah operasi perusahaan yang bergerak di bidang produksi aluminium ini.

Baca juga: Inalum budi dayakan ikan jurung di Sungai Asahan

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan operasi perusahaan yang mengedepankan perlindungan lingkungan serta pencegahan pencemaran lingkungan," katanya.

Ia juga menyebut program penghijauan dan penanaman bibit pohon ini perlu terus dipantau dan dikembangkan, sehingga ekosistem Danau Toba bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

PT Inalum (Persero) menyerahkan bantuan 15.000 bibit pohon kepada Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal dengan seluruh bibit pohon diambil dari program PCD Kebun Bibit Raya Samosir dan PES Nursery di Kompi Senapan A Yon 125 Balige.

"Dengan melakukan penanaman 15.000 bibit pohon, tentunya akan membawa dampak yang sangat baik bagi lingkungan," ujar Mahyaruddin.

Baca juga: Inalum revitalisasi Pantai Sejarah di Kabupaten Batu Bara Sumut

Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal menyebut bibit pohon yang diberikan oleh PT Inalum dimanfaatkan dengan baik, sehingga kawasan Danau Toba ke depan akan lebih hijau.

"Kami dari Kodim 0210/TU, Sumatera Utara mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan bantuan dari PT Inalum dalam melaksanakan reboisasi di sekitar wilayah Danau Toba," ujar dia.

Ia juga mengemukakan belasan ribu bibit pohon tersebut akan ditanami di kawasan Danau Toba dengan harapan ke depannya dapat lebih asri.

Sejak 2019, PT Inalum (Persero) melaksanakan program-program pelestarian keanekaragaman hayati flora dan fauna di PLTA Paritohan dan Danau Toba sebagai komitmen perusahaan menjaga energi hijau.

Baca juga: Inalum komitmen dukung pelestarian lingkungan kawasan Danau Toba

"Bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar. Kami bersama Inalum akan selalu berupaya menjaga dan merawat wilayah Danau Toba," tutur Letkol Saiful.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024