Los Angeles (ANTARA News) - Dennis Rodman yang telah menyabet lima gelar juara NBA bersama Chicago Bulls dan Detroit Pistons merupakan salah satu dari 12 nominator yang akan dipilih untuk masuk dalam museum "Hall of Fame Bola Basket", demikian diumumkan di Los Angeles Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Rodman yang flamboyan dan telah dua kali terpilih sebagai pemain bertahan terbaik NBA memenangi tiga gelar juara NBA bersama Chicago Bulss dan dua gelar yang sama bersama Detroit Pistons selama 14 musim karirnya di dunia bola basket, demikian Reuters melaporkan.

Dia juga terkenal karena kehebatannya dalam melakukan rebound dan pertahanan.

Selain Rodman terdapat beberapa nominator lainnya yang juga merupakan mantan pemain NBA seperti Jamaal Wilkes, Maurice Cheeks, Chris Mullin dan Ralph Sampson.

Para nominator lainnya adalah tiga mantan pelatih NBA, Al Attles, Dick Motta dan Tex Winter, dua mantan pelatih NCAA, Tara VanDerveer dan Herb Magee, atlet basket putri juara olimpiade lima kali, Teresa Edwards, dan wasit NCAA, Hank Nichols.

Para nominator ini membutuhkan 18 suara dari 24 suara anggota komite Hall of Fame untuk dapat masuk ke Museum Basketball Hall of Fame di Springfield, Massachussetts, demikian bunyi sebuah pernyataan dari panitia pemilihan.

Mereka yang terpilih nantinya akan dikukuhkan pada 12 Agustus 2011.

Pengumuman hasil pemilihan akan dilaksanakan pada 4 April di Houston sebelum kompetisi bola basket perguruan tinggi NCAA dimulai. (OKS/A032/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011