Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan ringan disertai petir berpeluang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin (21/2).

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdana Kusumah Tatang, Minggu, menyebutkan, selama dua hari ke depan prakiraan hujan ringan, sedang disertai sambaran petir berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Lebak.

Hujan dan sambaran petir akan melanda Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Cipanas, Sajira, Cimarga, dan Leuwidamar.

Tiupan angin kencang rata-rata 12 knot atau 24 kilometer per jam dan bergerak dari arah barat.

Suhu udara pada siang hari akan berkisar antara 23 hingga 32 derajat Celcius.

"Kami meminta warga waspada jika hujan ringan disertai sambaran petir terjadi pada sore hari. Sebaiknya warga tidak berada di lapangan atau lahan persawahan," imbaunya.

Selama beberapa hari terakhir intensitas curah hujan ringan sedang disertai petir terjadi siang hari dan berlangsung antara dua sampai tiga jam.

"Saya kira hujan ringan disertai petir karena adanya tekanan rendah di laut selatan Pulau Jawa," katanya.  (MSR/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011