Wellington (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,3 pada Skala Richter mengguncang Christchurch, Selandia Baru, Selasa, yang menimbulkan kerusakan luas di kota yang telah pulih dari gempa besar September tahun lalu itu.

Gambar televisi menunjukkan para karyawan yang panik melarikan diri dari kantor-kantor setelah gempa itu, yang Servei Geologi Amerika Serikat (USGS) katakan terjadi pukul 2351 GMT (Selasa sekitar pukul 06:51 WIB) lima kilometer dari kota tersebut dengan kedalaman hanya empat kilometer, sebagaimana dikutip dari AFP.

Bandara Christchurch sudah ditutup dan polisi mengatakan mereka telah mengosongkan pusat kota itu.

Bagian depan bangunan yang telah lemah akibat gempa berkekuatan 7 SR pada September tahun lalu ambruk ke jalan, dengan beberapa saksi mengatakan ada orang yang terperangkap di dalamnya.

Mobil-mobil terkubur puing dan jalan-jalan terputus akibat gempa yang membuka pecahan-pecahan dalam tanah.

Tidak ada laporan yang telah dikonfirmasi mengenai orang-orang yang terluka dan bahwa rumah sakit setempat telah dikosongkan.

"Itu (gempa) benar-benar tak dapat dipercaya, itu sangat kuat, tak ada yang seperti ini yang pernah saya alami sebelumnya, benar-benar mengerikan," kata penjaga toko setempat Julian Hogday pada TV3.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011