London (ANTARA News) - Aktris Welsh peraih Oscar Catherine Zeta Jones dinobatkan sebagai Comander of the Order Kerajaan Inggris oleh Pangeran Charles di Buckingham Palace di London, Kamis (24/2).

Aktris yang berusia 41 tahun itu, yang mengenakan jaket dan baju warna krim, topi serasi dan sepatu hak tinggi berwarna keemasan, ditemani oleh suaminya, Michael Douglas, dan dua anak mereka, demikian Reuters Life melaporkan.

Catherine, yang dilahirkan dan dibesarkan di Wales, dianugrahi posisi tersebut buat pengabdiannya pada industri film dan lembaga amal.

Ketika penghargaan itu diumumkan tahun lalu, aktris tersebut mengatakan ia "benar-benar terharu. Sebagai orang Inggris aku merasa sangat bangga. Pada saat yang sama itu luar biasa dan mengharukan".

Pada Kamis, ia menggambarkan penerimaan CBE tersebut sebagai "sangat pribadi".

Catherine memulai karirnya saat masih anak-anak yang bekerja di gedung pertunjukan dan televisi. Saat dewasa, ia menekuni karirnya di Hollywood dan mendapat peran utama di film seperti "The Mask of Zorro", "Entrapment" dan "Traffic". Ia menerima Academy Award buat kategori untuk penampilannya sebagai aktris pendukung di film musik "Chicago".

Dalam beberapa tahun belakangan, ia telah tinggal di New York City bersama Michael Douglas, peraih Oscar dua kali buat akting di "Wall Street" dan produksi "One Flew Over the Cuckoo`s Nest". Ia didiagnosis menderita kanker kerongkongan tahun lalu, tapi mengatakan pada Januari tumor itu telah hilang dan ia mengalahkan penyakit tersebut. (C003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011