Semarang (ANTARA News) - Tuan rumah PSIS berhasil memenangkan pertandingan melawan PPSM Sakti Malegang, 1-0 (0-0) dengan susah payah pada laga perdana putaran kedua Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Grup II di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat petang.

Satu-satunya gol kemenangan bagi tim Mahesa Jenar tersebut tercipta menjelang pertandingan yang dipimpin wasit Jajang Sukandi usai atau menit ke-90, meskipun sebelumnya tuan rumah lebih banyak memiliki peluang untuk mencetak gol.

Gol tersebut tercipta melalui tendangan pemain belakang Aris Indarto setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang PPSM Sakti yang dijaga Ghoni Yanuar. Gol tersebut bermula dari tendangan bebas PSIS yangd dilakukan pemain asal Argentina, Gustavo Chena.

Tendangan tidak terlalu keras tersebut berhasil dihalau pemain belakang PPSM tetapi jatuh tepat di depan pemain PSIS, Patricio Jimenez, kemudian pemain asal Chile tersebut menyundul bola ke arah gawang lawan tetapi masih bisa ditepis pemain PPSM belakang lainnya.

Aris Indarto yang biasa di posisi belakang dan maju ke depan membantu penyerangan langsung menyambar bola mental tanpa bisa diantisipasi kiper maupun pemain belakang tim asuhan pelatih Syahrial Efendi.

Pada babak pertama, tim asuhan pelatih Bonggo Pribadi memiliki tiga peluang untuk mencetak gol, seperti tendangan datar pemain baru tuan rumah, Rodrigo Santoni tetapi tendangan pemain asal Argentina ini membentur mistar gawang PPSM.

Kemudian tendangan pemain sayap kanan, Heri Susilo berhasil ditepis kiper Ghoni Yanuar, kemudian sundulan kepala Imral Usman juga membentur mistar gawang PPSM setelah pemain asal Bandung ini menerima umpan dari Khoirul Anam.

Sebaliknya PPSM Sakti tidak memiliki peluang untuk menciptakan gol meskipun tim dari Kota Magelang ini juga sering melancarkan serangan ke daerah pertahanan lawan.

Serangan yang dibangun dari bawah dengan memanfaatkan serangan balik tersebut selalu kandas di pemain belakang PSIS, kalaupun berhasil mendekat ke gawang tidak terlalu membahayakan gawang tuan rumah yang dijaga Dicky Fajar.

Pada babak kedua tuan rumah juga terlihat lebih banyak memiliki peluang untuk mencetak gol melalu kaki Basri Lohy yang masuk di babak kedua menggantikan Khoirul Anam karena tendangannya terlalu tinggi dan membentur mistar gawang PPSM setelah menerima umpan dari Gustavo Chena.

Kemudian tendangan keras kapten tim Imral Usman setelah menerima umpan dari sepak pojok Gustavo Chena tetapi berhasil dihalau pemain belakang PPSM padalah kipernya sudah meninggalkan gawangnya.

Sampai pertandingan usai kedudukan tetap 1-0 untuk kemenangan PSIS Semarang. Pada pertandingan selanjutnya, PSIS bakal menjamu Persis Solo, Selasa (1/3), sedangkan PPSM Magelang memainkan partai tandang melawan tuan rumah Persikota Tangerang. (*)

(U.H015/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011