Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat telah menarik personil kedutaan besarnya dari ibukota Libya dan menangguhkan semua operasi kedubesnya karena alasan keamanan, Gedung Putih mengumumkan, Jumat.

"Itu (kedutaan besar) telah ditutup," kata jurubicara Gedung Putih Jay Carney, seperti dikutip AFP.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan penutupan itu, mengatakan Washington "secara sementara" menarik personil diplomatik AS "mengingat kondisi keamanan sekarang ini di Libya, serangkai dengan ketidakmampuan untuk menjamin sepenuhnya keselamatan dan keamanan personil diplomatik kami di negara itu".

"Keselamatan masyarakat Amerika tetap yang terpenting bagi departemen ini dan kami akan terus memberikan bantuan hingga tingkat kemungkinan terbesar melalui misi-misi lainnya," kata jurubicara Deplu Philip Crowley dalam satu pernyataan singkat.

Personil kedutaan itu telah diperintahkan untuk meninggalkan negara tersebut awal pekan ini dan, pada Rabu, Crowley menyatakan sedikitnya 35 diplomat Amerika dan anggota keluarga mereka akan dikapalkan keluar Libya.

Gambar televisi langsung menunjukkan sebuah feri sewaan AS yang membawa lebih dari 300 pengungsi, yang telah tertahan akibat cuaca buruk di Tripoli selama dua hari, telah tiba di pelabuhan di Malta. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011