Mamuju (ANTARA News) - Bank Mandiri Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menyalurkan bantuan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp600 juta untuk para nelayan dalam rangka meningkatkan usahanya.

Manajer Bank Mandiri Mamuju, Ruhiat, di Mamuju, Minggu, mengatakan, Bank Mandiri Mamuju telah membangun kerja sama dengan pemerintah di Sulawesi Barat (Sulbar memberikan bantuan kredit usaha rakyat untuk nelayan dalam rangka membangun usaha dan meningkatkan kesejahteraannya.

Ia mengatakan, selama tahun 2010 Bank Mandiri Mamuju telah menyalurkan bantuan kredit usaha rakyat untuk 52 nelayan di Mamuju.

"Bantuan KUR yang disalurkan Bank Mandiri untuk nelayan tersebut nilainya antara Rp20 juta sampai 40 juta untuk masing masing nelayan," katanya.

Sementara kata dia, total bantuan yang disalurkan Bank Mandiri untuk 52 nelayan yang mendapatkan bantuan KUR nelayan itu, secara keseluruhan mencapai sekitar Rp600 juta.

Menurut dia, bantuan KUR tersebut diberikan kepada nelayan dengan bunga rendah sekitar 0,5 persen, bantuan KUR yang diberikan khusus kepada nelayan yang tidak mendapatkan bantuan KUR dari bank lain

Ia mengatakan, bantuan KUR yang diberikan itu tanpa syarat berupa agunan tetapi hanya menyertakan foto kopi kartu tanda penduduk dan foto.

"Bantuan yang diberikan itu akan dikembalikan nelayan yang memperolehnya dalam waktu tiga tahun," katanya.

Menurut dia, pada tahun ini bank Mandiri Mamuju kembali akan mengucurkan bantuan KUR untuk nelayan agar terus dapat meningkatkan usahanya.

Ia berharap bantuan KUR tersebut dapat dimanfaatkan para nelayan mengembangkan usahanya dan tidak malah disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak sesuai kebutuhan usaha yang dikembangkannya. (MFH/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011