"Kami tidak bisa menemukan banyak peluang seperti sebelumnya, tetapi kami sudah menang."
Madrid (ANTARA News) - Gelandang internasional dari Mali, Seydou Keita, mencetak golnya yang kedua musim ini saat juara bertahan Barcelona unggul sepuluh poin dari Real Madrid dalam Liga Utama Spanyol setelah meraih kemenangan kandang 1-0 atas Real Zaragoza, Sabtu (5/3).

Keyta, pesepakbola berusia 31 tahun yang terpinggirkan pada musim ini, mencetak gol kemenangan pada menit ke-43 ketika Barcelona menghasilkan kemenangan ketiga dalam liga dalam tempo delapan hari dan menambah tekanan bagi Real yang akan bertandang ke Racing Santander pada Minggu.

Penampilan tersebut jauh dari panen gol, namun meraih tiga poin dan kembali tidak kebobolan adalah persiapan yang sempurna bagi Barcelona menuju pertandingan leg kedua Liga Champions bersama Arsenal, Selasa, saat Barca berusaha membalik keadaan setelah tertinggal 1-2.

"Ini pertandingan yang sulit dan kami harus berhati-hati dengan serangan balik karena Zaragoza punya beberapa pemain yang cepat," kata pemain belakang Barcelona Gaby Milito, layaknya dikutip AFP.

"Kami tidak bisa menemukan banyak peluang seperti sebelumnya, tetapi kami sudah menang dan kami sekarang bisa memikirkan Liga Champions," tambahnya.

Real Madrid akan beraksi pada Minggu, ketika mereka bertandang ke Racing Santander, untuk berusaha meningkatkan catatan tandang mereka, namun tanpa diperkuat pencetak gol terbanyak Cristiano Ronaldo yang absen karena otot pahanya mengencang.

Karena pertandingan melawan Arsenal tinggal tiga hari lagi, pelatih Barca Pep Guardiola mengistirahatkan bintang Spanyol David Villa dan Andres Iniesta sehingga memberi kesempatan Keita dan Bojan Krkic untuk bersinar.

Kiper Victor Valdes juga kembali ke bawah gawang setelah absen dalam tiga pertandingan terakhir pada liga karena cedera lutut sehingga Jose Manuel Pinto ditarik ke bangku cadangan.

Barca hampir diberi kejutan pada menit ke delapan ketika Gerard Pique berhasil mengatasi tendangan Nicolas Bertolo yang akan menembak ke gawang.

Tim tuan rumah menghasilkan usaha nyata pertama mereka pada menit ke-18 ketika tendangan rendah Pedro Rodriguez ditepuk menjauh dari gawang.

Semenit kemudian tendangan membelok Bojan menyentuh mistar gawang dan hasil sundulan Keita dibatalkan karena "offside".

Keita kembali menyarangkan bola pada menit ke-43 dan kali ini golnya disahkan. Lionel Messi menunjukkan pengendaliannya yang khas untuk mencapai belakang dua pertahanan Zaragoza dan memotong bola dari sisi kanan garis tepi dan mengarahkannya menuju Keita, yang menyarangkan gol keduanya dalam liga musim ini.

Zaragoza, dua poin di atas zona degradasi, hampir menyamakan kedudukan pada awal babak kedua ketika Bertolo melewati Pique namun usahanya lewat beberapa inci dari gawang.

Sebelumnya, pemain nasional Spanyol Pablo Hernandez mencetak gol dua kali ketika Valencia bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 di kandang Real Mallorca, Sabtu, dan unggul empat poin dari tim urutan keempat Villarreal.

Hernandez (25), mencetak gol pada kedua babak saat Valencia bangkit dari kekalahan kandang 0-1 pada pertengahan pekan dari Barcelona dengan kemenangan tandang kedelapan mereka musim ini untuk memperkuat posisi mereka di urutan ketiga.

Di tempat lain Villarreal mengalami kekalahan 1-3 dari Atletico Madrid di Vicente Calderon.

Atletico naik ke atas Athletic Bilbao ke urutan keenam meskipun Bilbao bisa merebut kembali posisi tersebut dengan hasil imbang atau lebih baik saat bermain di kandang melawan Sevilla, Minggu.
(Uu.F005/D009)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011