Mexico City (ANTARA News/Reuters) - Pereli Perancis Sebastien Ogier memperlebar jarak keunggulan waktunya di hari kedua Reli Meksiko Sabtu waktu setempat (Minggu WIB) setelah rekan senegara yang juga rekan setimnya di tim Citroen Sebastien Loeb mengalami masalah pada "gearbox" mobilnya.

Ogier yang memulai start dengan keunggulan tipis 2,3 detik atas Loeb akhirnya berhasil menyelesaikan balapan hari kedua itu dengan keunggulan waktu 10,5 detik meskipun sewaktu lomba berlangsung dia sempat disusul oleh Loeb, juara dunia reli tujuh kali itu.

Tiga trayek penutup akan diadakan pada Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Sebagai mobil pertama yang dilepas pada lintasan berkerikil (gravel) di pegunungan Sierra de Lobos di dekat kota Leon, Ogier harus berjuang mengatasi kondisi terburuk lintasan karena mobil balapnya harus menjadi yang pertama berhadapan dengan batu-batu di sepanjang lintasan sehingga membersihkan jalan bagi lawan-lawan di belakang yang sedang memburu catatan waktunya.

Adalah Loeb yang berhasil mengambil keuntungan dari kondisi tersebut dengan merebut trayek pembuka Sabtu itu sehingga berhasil mengambil alih keunggulan waktu Ogier.

Sampai pertengahan lomba Loeb telah unggul 19,7 detik dari Ogier.

Namun yang terjadi kemudian adalah Loeb harus kehilangan banyak waktu tatkala mobilnya mengalami masalah teknis dengan sistem perpindahan gigi yang mentok hanya sampai gigi tiga yang memaksanya untuk meminta perbaikan pada mobilnya di tengah balapan.

Akibatnya Loeb terlambat lima menit untuk mengikuti start pada trayek selanjutnya sehingga dia terpaksa menerima hukuman pemotongan waktu 50 detik yang membuatnya kembali berada di belakang Ogier.

"Tentu saja selisih waktu yang sebelumnya lebih baik, dan sebenarnya saya lebih suka menjadi pembalap pertama yang start di hari terakhir besok," kata Loeb yang hari itu juga memenangi dua "super stages" yang diadakan di dalam kota.

"Besok saya benar-benar harus ngotot karena tidak akan ada lagi lintasan yang harus dibersihkan karena sebagian dari lintasan itu sudah pernah dipakai sebelumnya. Besok tidak akan mudah mengejar keunggulan waktu Ogier," kata Loeb.

Ogier yang sedang memburu kemenangan ketiga sepanjang karirnya juga tak luput dari masalah ketika menjelang berakhirnya pertandingan mobilnya sempat mengalami kehilangan tenaga.

Ogier juga harus menghadapi investigasi kembali oleh pengawas pertandingan yang sedang mempertimbangkan apakah dia harus mendapat hukuman atas insiden Jumat lalu ketika dia langsung mengarahkan mobilnya ke lokasi servis bukannya berkumpul terlebih dahulu sebagaimana disyaratkan oleh peraturan.

"Sungguh hari yang baik meski hampir semua pembalap menghadapi masalah," kata Ogier.

"Kami berhasil kembali menjadi yang pertama dan ini bagus, tetapi waktu Seb (Loeb) sangat dekat dan apabila hal-hal seperti hari ini terjadi lagi besok maka semuanya bisa kacau," katanya menambahkan.

Pembalap Finlandia Mikko Hirvonen, yang memenangi reli sesi pembuka di Swedia bulan lalu, berada di tempat ketiga dengan selisih waktu satu setengah menit di belakang Ogier meski pada trayek ke 16 sebuah ban depan mobilnya sempat bocor.

Finlandia lainnya, Jari-Matti Latvala, mengakhiri lomba di tempat keempat.

Pembalap Norwegia Petter Solberg yang sempat memenangi empat dari sembilan trayek yang dipertandingkan pada Sabtu itu berhasil melesat dari urutan ke-13 menjadi kelima tetapi dengan selisih waktu hampir tujuh menit di belakang pemimpin lomba karena pada hari pertama dia sempat mengalami masalah pada mesin mobilnya.

Berikut adalah daftar urutan pembalap hasil lomba pada hari kedua itu:

  • 1. Sebastien Ogier (Prancis) Citroen 3:12:52,600
  • 2. Sebastien Loeb (Prancis) Citroen +00:10,500
  • 3. Mikko Hirvonen (Finlandia) Ford 01:30,400
  • 4. Jari-Matti Latvala (Finlandia) Ford 02:43,800
  • 5. Petter Solberg (Norwegia) Citroen 06:51,800
  • 6. Mads Ostberg (Norwegia) Ford 08:09,800
  • 7. Henning Solberg (Norwegia) Ford 08:41,600
  • 8. Nasser Al-Attiyah (Qatar) Ford 10:53,900
  • 9. Martin Prokop (Republik Ceko) Ford 11:32,500
  • 10. Juho Haenninen (Finlandia) Skoda 12:02,600.(*)
(H-OKS/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011