-
Havana (ANTARA News) - Alberto Granado, yang menemani perjalanan Ernesto "Che" Guevara  keliling  Amerika Latin tahun 1952, meninggal di Kuba pada hari Sabtu (5/3).Menurut situs Huffingtonpost.com, Granado meninggal dalam usia 88 tahun.

Granado, orang Argentina, tinggal di Kuba sejak tahun 1961. Menurut televisi pemerintah Kuba, dia meninggal secara alami pada Sabtu pagi.

Perjalanan Granado dan Che dimulai dengan sepeda motor rusak yang mereka juluki "La Poderosa," atau "si kuat".

Petualangan itu membangunkan mereka tentang kesadaran sosial dan keyakinan politik dan membantu mengubah Che menjadi salah satu ikon paling revolusoioner abad ke-20.

Perjalanan antara Granado dan Che diabadikan dalam memoar dan diangkat ke layar perak dalam "The Motorcycle Diaries."

Keduanya menyimpan buku harian yang digunakan sebagai latar belakang film tahun 2004 yang diproduksi Robert Redford dan diarahkan oleh Walter Salles.

Granado lahir 8 Agustus 1922 di Cordoba, Argentina, dan berteman dengan Guevara sejak kecil.

Sebagai siswa kedokteran, keduanya menjadi saksi kemiskinan di sepanjang benua terutama Chili, Kolombia, Peru dan Venezuela. Dan, mereka tinggal di perkampungan penderita lepra yang meninggalkan kesan mendalam.

Mereka berpisah di Venezuela,  Granado tinggal untuk bekerja di klinik perawatan pasien kusta. Guevara melanjutkan perjalanan ke Miami, kemudian ke Buenos Aires untuk melanjutkan studinya.

Guevara kemudian bergabung dengan Fidel dan Raul Castro  saat  mereka berlayar ke pengasingan dari Meksiko ke Kuba dengan kapal bernama Granma tahun 1956. Kawanan kecil pemberontak itu akhirnya menumbangkan diktator Fulgencio Batista pada Tahun Baru 1959.

Granado mengunjungi Kuba atas undangan Guevara tahun 1960 dan pindah ke Havana tahun berikutnya dengan keluarganya, mengajar biokimia di universitas Havana. Dia tinggal di Kuba sejak saat itu dan tetap "low profile".
(ENY/A038)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011