Jakarta (ANTARA News) - Microsoft mengharapkan ajang kompetisi blogger, Microsoft Bloggership Award 2011 yang mengangkat isu edukasi dan lingkungan, dapat mempersempit gap (kesenjangan) teknologi.

"Kita ingin sekali memperkecil gap teknologi, dan mensosialisasikan bahwa teknologi itu juga bisa berkontribusi buat masyarakat terutama pada isu edukasi dan lingkungan," kata Yvonne Tirtoprodjo Marketing Communications Director Microsoft Indonesia dalam jumpa pers di kantor Microsoft di Jakarta, Rabu.

Yvonne mengatakan, Microsoft mempunyai visi yang sama dengan para blogger, dan blogger itu salah satu generasi masa depan Microsoft dan "kami dapat membantu mereka untuk melakukan aktivitas blogging di Internet lebih nyaman".

Dalam kesempatan yang sama, pemenang Microsoft Bloggership Award 2011 Muhamad Iman Usman mengatakan bahwa aktivitasnya di www.imanusman.com, dirinya telah mengedukasi rekan di organisasinya dengan membagi pengalaman melalui tulisan.

Iman, yang lahir pada 21 Desember 1991 itu sekarang masih kuliah semester empat Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Ia juga seorang aktivis dan presiden organisasi pemuda bernama Indonesian Future Leader.

"Jadi blogger bukan aktivitas rutin saya, aktivitas saya adalah seorang aktivis gerakan pemuda, blog hanya media buat saya," ujar Iman.

Menurut Iman, penghargaan Bloggership berdampak membuka ruang untuk menyuarakan isu-isu lebih luas lagi, karena pengunjung blognya yang semula hanya 500 pengunjung, setelah memenangkan kompetisi menjadi 3.000 pengunjung per hari.

Sementara itu Enda Nasution, Steering Committee Pesta Blogger 2010 mengatakan bahwa pertimbangan dipilihnya Iman sebagai pemenang karena kesesuaian isinya dengan tema pendidikan, selain ia telah berbagi informasi dan mengajak anak muda untuk bertindak nyata.

"Iman terpilih karena adanya aplikasi nyata dari ide yang disampaikan," ujar Enda.

Enda juga mengatakan saat ini di Indonesia ada 4.1 juta Blog tetapi hanya orang yang punya waktu khusus yang rutin melakukan posting ke Blog, dan mayoritas orang Indonesia mengakses social media secara mobile.

Microsoft melalui program Unlimitted Potential berkomitmen membangun sumber daya manusia, meningkatkan kualitas pendidikan, mempersempit kesenjangan digital dan mengembangkan keekonomian software lokal.

Bloggership adalah program perdana di Microsoft dan pertama di Indonesia, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi blogger muda memperluas pengalaman, pengetahuan, serta mempertajam cara pandang terhadap isu-isu sosial dan kemasyarakatan.

Melalui program ini Microsoft berharap para blogger muda dapat menstimulasi gairah masyarakat terutama dalam memajukan sumber daya manusia dan bangsa Indonesia.

Program Microsoft Bloggership Award 2011 bertema "Stay connected and Saving Social Energy".

Iman usman sang pemenang Microsoft Bloggership 2011 mendapatkan hadiah berupa seperangkat netbook dan tabungan dari Microsoft Indonesia.

(Yud/S026)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011