Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden Barack Obama mengatakan, Jumat, bahwa kapal induk kedua Amerika Serikat telah menuju ke Jepang untuk memberikan bantuan setelah gempa dan tsunami yang menghancurkan yang ia lukiskan sebagai "benar-senar memilukan".

Obama mengatakan ia telah menyampaikan belasungkawa dalam pembicaraan melalui telpon dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan dan menjanjikan "bantuan apapun yang dibutuhkan".

"Gambar kehancuran dan banjir yang terjadi di Jepang benar-benar memilukan," kata Obama pada satu konferensi pers.

"Kami sekarang ini memiliki sebuah kapal induk di Jepang, dan kapal induk lainnya sedang dalam perjalanan," ujar Obama. Ia mengatakan kapal induk lainnya yang menuju ke wilayah AS di pulau Mariana akan "membantu saat dibutuhkan".

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan kedua kapal induk itu adalah USS George Washington yang dipangkalkan di Yokosuka dekat Tokyo, dan USS Ronald Reagan, yang dalam perjalanan ke Korea Selatan untuk latihan dan telah diarahkan kembali ke Jepang.

"Kejadian hari ini mengingatkan kita bagaimana rapuhnya sebenarnya kehidupan dapat terjadi. Kami merasa sangat kasihan pada teman-teman kami di Jepang di seluruh kawasan itu, dan kami akan bersama mereka ketika mereka pulih dan membangun kembali dari tragedi ini," kata Obama. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011