ITB mulai uji coba kuliah tatap muka secara bertahap

ITB mulai uji coba kuliah tatap muka secara bertahap

Perkuliahan Hybrid (gabungan daring dan luring) di ITB. ANTARA/HO-Humas ITB.

Bandung (ANTARA) - Institut Teknologi Bandung (ITB) mulai melakukan uji coba perkuliahan langsung atau tatap muka secara bertahap yang sudah dimulai pada akhir September 2021.

Direktur Pendidikan ITB Dr Arief Hariyanto dalam siaran pers Humas ITB, Rabu, menuturkan sesuai dengan keputusan Dikti untuk membuka kampus, saat ini ITB sedang memasuki masa transisi menyelenggarakan perkuliahan tatap muka secara luring dan daring.

Persiapan terus menerus dilakukan oleh fakultas/sekolah bersama dengan prodi untuk mengatur dan meminimalisasi risiko penyebaran COVID-19 dan penyelenggaraan perkuliahan tatap muka diselenggarakan secara bertahap.

Arief mengatakan berdasarkan data, diperkirakan mahasiswa yang akan terlibat dalam kegiatan luring ini adalah 1.087 mahasiswa mulai akhir bulan September.

Jumlah itu terdiri dari 864 mahasiswa di kampus Ganesha dan 148 mahasiswa di kampus Jatinangor.

Sementara itu, kegiatan akademik luring yang dimulai dari awal bulan Oktober 2021 adalah 3.419 mahasiswa yang terdiri dari 3.229 mahasiswa kampus Ganesha dan 170 di kampus Jatinangor.

Baca juga: Rektor ITB sebut atmosfer akademik tidak bisa tercapai dengan PJJ

Baca juga: ITB siap gelar kuliah tatap muka dengan protokol kesehatan ketat


Adapun kegiatan akademik luring yang dimulai pada November diperkirakan terdapat 1873 mahasiswa dengan rincian 804 mahasiswa di kampus Ganesha dan 647 mahasiswa di kampus Jatinangor., ujarnya.

Sebagai gambaran profil asal kota dari mahasiswa ITB yang terbesar adalah dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Prof Jaka Sembiring menambahkan proses transisi ini sebagai uji coba untuk melaksanakan perkuliahan luring di mana pengaturan, pengawasan per kelompok secara kontinyu dan penjagaan fakultas/sekolah dan prodi harus selalu dilakukan.

Kegiatan akademik pada Semester I Tahun Akademik 2021/2022 difokuskan kepada kegiatan berbasis praktikum, studio, kuliah lapangan, dan sejenisnya, ujarnya.

Pembukaan mata kuliah yang berbasis kegiatan luring sepenuhnya diserahkan kepada prodi sesuai kebutuhan. Dalam rangka menjamin protokol kesehatan tetap terjaga maka kapasitas maksimum ruangan yang digunakan adalah 30 persen dari kapasitas normal.

Proses sosialisasi kuliah tatap muka ini akan terus menerus dilakukan oleh ITB, utamanya dalam hal menumbuhkan kesadaran seluruh Sivitas ITB untuk dapat bertanggung jawab tetap melaksanakan protokol kesehatan, tambahnya.

Baca juga: Presiden: Kontribusi ITB bagi kemajuan bangsa dinantikan

Baca juga: ITB apresiasi dukungan Huawei di bidang alih pengetahuan dan teknologi

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bank Banten siap layani masyarakat secara hybrid

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar