Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Google membagikan sejumlah kiat bagi pengguna internet dan layanannya agar tetap aman selama berada di dalam jaringan (online).

"Sudah tersedia berbagai alat gratis untuk membantu pengguna internet melakukannya dan Google menyarankan semua orang menyempatkan waktu untuk memperkuat keamanan online mereka dengan tiga tips praktis ini," kata Google melalui keterangan pers yang diterima pada Rabu.

Pertama, adalah bangun kesadaran akan keamanan dengan membuat sandi yang lebih kuat.

Sandi yang unik dan kuat untuk setiap akun dapat membantu mengurangi risiko ini. Pastikan setiap sandi sulit ditebak dan kalau bisa setidaknya berisi delapan karakter. Supaya lebih mudah, pertimbangkan untuk menggunakan layanan pengelola sandi untuk membantu membuat sandi yang lebih kuat, menjaga keamanannya, dan melacak semua sandi Anda.

Misalnya, Pemeriksaan Sandi di Pengelola Sandi Google dapat membantu memeriksa kekuatan dan keamanan semua sandi yang Anda simpan.

Baca juga: Google Assistant rayakan ulang tahun ke-5 dengan fitur baru

Baca juga: Seberapa aman satu kata sandi untuk berbagai akun?


Alat ini akan memberi tahu Anda kalau ada sandi yang mungkin terancam risiko (misalnya, jika terdampak dalam insiden pelanggaran data pihak ketiga), dan menunjukkan bagaimana Anda menggunakan sandi yang sama untuk berbagai situs. Yang lebih penting lagi, alat ini akan mengidentifikasi sandi yang relatif lemah dan menawarkan rekomendasi tindakan.

Kedua, adalah aktifkan autentikasi 2 langkah. Menyiapkan autentikasi 2 langkah - yang juga disebut autentikasi 2 faktor - sangat mengurangi kemungkinan orang lain dapat mengakses akun Anda tanpa izin.

Bagi kebanyakan orang, perlindungan login otomatis Google mungkin lebih dari cukup. Akan tetapi, semua pengguna harus tahu bahwa tersedia autentikasi 2 langkah sebagai verifikasi tambahan - sebuah lapisan pengaman ekstra.

Autentikasi 2 langkah mengharuskan pengguna menggunakan satu langkah tambahan setiap kali login ke akun mereka, selain memasukkan nama pengguna dan sandi.

Contoh langkah verifikasi tambahan ini antara lain, SMS, kode enam digit dari aplikasi, pemberitahuan di perangkat yang Anda percaya, atau penggunaan kunci pengaman fisik.

Kiat ketiga, lakukan Pemeriksaan Keamanan Google. Pemeriksaan Keamanan Google adalah alat yang mudah digunakan pengguna secara sering untuk memperkuat keamanan Akun Google mereka, hanya diperlukan sekitar 2 menit untuk menyelesaikannya.

Alat ini memberi pengguna rekomendasi keamanan yang praktis dan dipersonalisasi, memandu mereka untuk memeriksa perangkat yang terhubung, situs pihak ketiga yang berisiko, dan aplikasi yang memiliki akses ke informasi sensitif, serta opsi autentikasi 2 langkah.

Baca juga: Google Indonesia ungkap kebiasaan online yang membahayakan

Baca juga: Google Alphabet raup laba Rp267,9 triliun di kuartal ketiga

Baca juga: Google Pixel 6 pakai chip baru dan layanan berlangganan "Pixel Pass"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021