Prancis : Ancaman Bahaya Nuklir Jepang "Sangat Tinggi"

Paris (ANTARA News/AFP) - Ancaman dari reaktor nuklir Jepang yang rusak akibat gempa kuat "sangat tinggi," kata Menteri Luar Negeri Prancis, Selasa, saat Jepang bertemu dengan Kelompok Delapan yang lain.

"Situasi ini sangat serius ... risiko ini sangat tinggi," kata Menteri Luar Negeri Alain Juppe, setelah timpalannya dari Jepang Matsumoto Takeaki memberikan penjelasan kepada dia dan anggota Kelompok Delapan yang lain mengenai situasi terakhir di Jepang pada Senin malam.

Krisis nuklir Jepang meningkat pada Selasa saat terjadi dua ledakan lagi dan kebakaran yang melanda pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang terkena gempa, mengakibatkan radiasi meningkat sampai tingkat berbahaya.

"Terserah orang Jepang untuk mengatakan bagaimana kita dapat membantu mereka" setelah gempa dan tsunami yang mematikan itu, kata Juppe. Ia menambahkan bahwa Presiden Prancis Nicolas Sarkozy ingin kelompok ekonomi besar G20 "siap membantu Jepang."

Menanggapi kekhawatiran mengenai sektor nuklir besar Prancis, ia mengatakan, harus ada perdebatan tentang keselamatan tetapi bersikeras bahwa "mengatakan kepada rakyat Prancis bahwa kita akan meninggalkan nuklir adalah bohong." (*)

(Uu.G003/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Mahasiswa Prancis belajar Islam di pesantren Deli Serdang

Komentar