Jakarta (ANTARA News) - Satu-satunya tunggal putra Indonesia yang tersisa di turnamen Swiss Terbuka, Simon Santoso, melangkah ke babak 16 besar dengan kemenangan mudah 21-8, 21-15 atas Stefan Wojcikiewicz dari Kanada, Jumat dinihari WIB.

Langkah pemain peringkat 12 yang menjadi unggulan kedua dalam turnamen berhadiah 125.000 dolar AS itu tampaknya belum akan menghadapi kesulitan karena pada putaran selanjutnya ia masih akan menghadapi pemain bukan unggulan.

Pada babak 16 besar, juara Taiwan Grand Prix Gold 2010 itu akan melawan pemain yang mendapat promosi ke babak utama, Sergey Ivlev. Pemain asal Rusia tersebut sebelumnya menang atas pemain Swiss Hafiz Shaharudin 21-18, 21-14.

Kemenangan juga diraih ganda Pelatnas Mohammad Ahsan/Bona Septano, Greysia Polii/Meiliana Jauhari dan pasangan profesional Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan.

Pada turnamen yang digelar di Basel itu, Ahsan/Bona mengalahkan pasangan Polandia Adam Cwalina/Michal Logosz 21-19, 21-10, sedangkan Greysia/Meiliana hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk menundukkan pasangan tuan rumah Swiss Ennia Biedermann/Monika Fischer 21-9, 21-11.

Adapun Alvent/Hendra yang menjadi unggulan ketujuh menyisihkan pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang 21-15, 21-16.

Pada babak 16 besar, Ahsan/Bona yang menjadi unggulan kelima bertemu ganda Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno, sementara unggulan kedua Greysia/Meiliana akan melawan pasangan Inggris Jenny Wallwork/Gabrielle White.

Sedangkan Alvent/Hendra akan memperebutkan tempat di perempat final dengan pasangan Singapura Hendri Kurniawan Saputra/Chayut Triyachart.

Sementara itu kekalahan dialami pasangan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah dan duet Pia dengan Liliyana Natsir serta pemain tunggal putri Aprilia Yuswandari.

Fran/Pia menyerah dengan angka 16-21, 10-21 kepada pasangan Malaysia Ong Jien Guo/Chong Sook Chin.

"Permainan kami tidak keluar," ujar Fran mengenai kekalahannya.

Sedangkan Pia/Liliyana yang dicoba bermain ganda putri meskipun fokus mereka adalah ganda campuran, dikalahkan pasangan unggulan kelima asal Denmark Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl 14-21, 16-21.

Adapun Aprilia gagal mengatasi unggulan ketiga Julianne Schenk dari Jerman sehingga menyerah 12-21, 14-21. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011