Liga Europa

Tren sapu bersih West Ham dihentikan Genk

Tren sapu bersih West Ham dihentikan Genk

Gelandang West Ham United Declan Rice (kiri) berebut bola dengan penyerang Genk Paul Onuachu dalam laga penyisihan Grup H Liga Europa di Stadion Cegeka Arena, Genk, Belgia, Kamis (4/11/2021) waktu setempat. ANTARA/AFP/BELGA/John Thys.

Jakarta (ANTARA) - Tren sapu bersih kemenangan West Ham United dalam penyisihan Grup H Liga Europa dihentikan oleh Genk seusai kedua tim bermain imbang 2-2 di Stadion Cegeka Arena, Belgia, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Hasil itu sekaligus menunda kepastian West Ham lolos ke babak 16 besar Liga Europa, sebab mereka sejauh ini hanya memiliki sepuluh poin di puncak klasemen Grup H.

Sementara Genk untuk sementara naik ke posisi kedua dengan raihan empat poin, sembari menunggu hasil pertandingan lain antara Dinamo Zagreb kontra Rapid Wien yang berlangsung lebih larut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Napoli, Frankfurt perbesar peluang 16 besar Liga Europa

Pertandingan itu menandai penampilan ke-100 West Ham di bawah arahan David Moyes di semua kompetisi, tetapi empat menit laga berjalan gawang The Hammers sudah kemasukan lebih dulu dibobol oleh Joseph Paintsil.

Berawal dari aksi Junya Ito mengirimkan umpan yang membelah pertahanan West Ham, Paintsil bisa mengejar bola sebelum mengecoh Issa Diop dan melepaskan tembakan yang tak diantisipasi sempurna kiper Alphonse Areola.

West Ham nyaris menyamakan kedudukan tepat di pengujung babak pertama saat Michail Antonio melepaskan tembakan yang sudah memperdaya kiper Maarten Vandevoordt, tetapi Patrik Hrosovsky berhasil menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Baca juga: Lyon jadi tim pertama yang kunci tiket 16 besar Liga Europa

Kerja keras West Ham membalas membuahkan hasil pada menit ke-59 saat Vladimir Coufal meneruskan umpan silang Aaron Cresswell ke muka gawang di mana Said Benrahma tinggal menyonteknya untuk membuat kedudukan imbang 1-1.

Benrahma lantas mencetak gol lagi pada menit ke-82 untuk membawa West Ham berbalik unggul 2-1 setelah ia melewati hadangan Mujaid Sadick sebelum melepaskan tembakan keras yang melesak ke gawang tuan rumah.

Sayangnya, lima menit kemudian keunggulan West Ham raib dengan cara yang mengenaskan sebab Tomas Soucek mencetak gol bunuh diri kala berusaha menghalau umpan silang kiriman Angelo Preciado dan malah menyundul bola ke gawangnya sendiri.

West Ham nyaris meraih kemenangan dramatis lewat tapi umpan silang Coufal terlalu deras dari jangkauan Jarrod Bowen, sedangkan tembakan Pablo Fornals mengarah tepat ke pelukan Vandevoordt, memaksa skor 2-2 bertahan hingga bubaran.

Baca juga: Moyes puas dengan penampilan sempurna West Ham di Liga Europa

Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan untuk Grup E di Stadion NEF, Istanbul, Turki, tuan rumah Galatasaray harus puas hanya meraih satu poin setelah ditahan imbang Lokomotiv Moskow dengan skor 1-1.

Sofiane Feghouli membawa Galatasary memimpin dua menit jelang turun minum, tetapi keunggulan itu dihapuskan oleh tim tamu melalui sontekan jarak dekat Francois Kamano pada menit ke-72.

Galatasaray masih memimpin klasemen Grup E dengan raihan delapan poin, sedangkan Lokomotiv jadi juru kunci dengan dua poin.

Baca juga: Gerard Moreno dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Europa 2020/21

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kapolri sebut kerusuhan di Wamena dirancang Benny Wenda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar