counter

Menpora dan KONI Dukung Kongres Oleh PSSI

Menpora dan KONI Dukung Kongres Oleh PSSI

Andi Mallarangeng. (FOTO.ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng dan Ketua KON-KOI Rita Subowo mendukung penuh penyelenggaraan kongres PSSI digelar oleh pengurus PSSI resmi, yaitu yang berdasarkan statuta FIFA bahwa penyelenggara kongres hanya badan resmi atau national federation yang federasi sepak bola internasional itu.

"Ikuti saja statusta FIFA, karena statuta itu sudah sesuai semangatnya dengan aturan perundang-undangan Indonesia dan ketentuan olahraga di KONI-KOI. Jadi, pemerintah ikut mengawasi selama dilakukan sesuai dengan aturan-aturan negeri ini maupun aturan FIFA, maka kongres akan berjalan dengan baik, happy ending," kata Andi Mallarangeng di Kantor Menpora, Senayan Jakarta, Jumat.

Berdasarkan rencana semula, PSSI akan melakukan dua kongres pada 26 Maret dan 29 April mendatang. Kongres pertama akan dilaksanakan untuk memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding, sementara kongres kedua untuk memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Komite Eksekutif periode 2011-2015.

Kendati demikian, lanjut Andi Mallarangeng, pemerintah akan mengawasi dan mengawal pelaksanaan kongres itu agar sesuai dengan undang-undang yang ada.

Menpora juga mendukung langkah Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) yang batal melakukan kongres sendiri dan akhirnya mengikuti kongres PSSI.

"Kongresnya biar satu, bersama-sama, yang penting sesuai dengan aturan standar electoral Code dan FIFA," katanya menambahkan.

Dukungan juga disampaikan Rita Subowo yang berharap kongres PSSI mendatang dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Rita juga mengapresiasi langkah Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) yang akhirnya memilih mengikuti kongres PSSI.

"Saya kira itu jelas arahannya bahwa kongres itu bersifat internal, jadi federasi nasional yang diakui FIFA itu adalah PSSI. Jadi kalau memang ada anggotanya yang memang aktif dan ingin apa pun yang diinginkan, apakah itu reformasi, apakah itu tetap kepada situasi yang sekarang, semua aspirasi itu harus dilakukan di dalam (PSSI). Jadi, jangan melaksanakan lagi kongres-kongres lain nanti yang akan merepotkan kita," kata Rita yang pekan lalu bertemu langsung Presiden FIFA Sepp Blatter di Zurich, Swiss.

"Mudah-mudahan sukses kongres ini, kalau semakin banyak aspirasi di dalam kan semakin kuat. Yang penting mari kita bersama-sama sukseskan kongres ini menjadi wadah aspirasi dari semuanya," kata Rita menegaskan.(*)

(A032/A020)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Mantan Kapolda Metro Jaya siap maju calon Ketum PSSI

Komentar