Peparnas

Anggun dan 150 anak nyanyikan "Indonesia Raya" di pembukaan Peparnas

Anggun dan 150 anak nyanyikan "Indonesia Raya" di pembukaan Peparnas

Penyanyi Anggun C. Sasmi membawakan sebuah lagu saat upacara pembukaan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Pembukaan Peparnas Papua tersebut bertemakan "Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua". ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Anggun C Sasmi bersama paduan suara 150 anak Papua menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang sekaligus memulai acara upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat, dan disiarkan secara langsung lewat saluran YouTube Peparnas XVI Papua 201, upacara pembukaan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin didampingi istri Wury Estu Handayani.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mewakili Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan hadir karena baru saja tiba di Tanah Air dan menjalani karantina setelah melakukan lawatan ke luar negeri. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berjanji untuk hadir dalam penutupan Peparnas XVI Papua.

Suara indah Anggun, yang memakai gaun warna merah menyanyikan lagu kebangsaan ciptaan WR Soepratman, berpadu dengan suara 150 anak Papua yang juga menyampaikan lirik lagu "Indonesia Raya" dengan bahasa isyarat.

Selain Anggun, hadir deretan musisi papan atas, termasuk Nowela dan Edo Kondologit. Selain itu, artis lokal yang terlibat di antaranya Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku.

Mengusung teman tema "Cahaya dari Timur Papua," upacara pembukaan akan dimeriahkan dengan atraksi 500 drone yang akan menghiasi langit-langit di Bumi Cenderawasih. Drone tersebut didatangkan dari Kalifornia dan Dubai lengkap dengan pilotnya dari Eropa dan Singapura.

Dari segi pengamanan, upacara pembukaan Peparnas Papua melibatkan 1.400 personel TNI-Polri.

Seluruh kegiataan Peparnas Papua bakal menerapkan protokol kesehatan ketat mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Pembatasan penonton saat seremoni pembukaan diberlakukan. Meski begitu, masyarakat akan tetap dapat menyaksikan kemegahan upacara pembukaan dengan hadirnya videotron di sejumlah titik di Jayapura.

Baca juga: Perjalanan Peparnas dalam bingkai sejarah
Baca juga: Presiden Jokowi minta maaf dan berjanji hadir saat penutupan Peparnas
Baca juga: Masyarakat antusias saksikan pembukaan Peparnas Papua

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ridwan Kamil berikan bonus kepada atlet Peparnas XVI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar