Sejumlah Dubes Hadiri Pekan Frankoponi di UI

Depok (ANTARA News) - Sejumlah duta besar akan menghadiri Pekan Frankoponi (lembaga bahasa dan budaya Prancis) di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia yang digelar 21-24 Maret 2011.

Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Jumat mengatakan, Dubes yang akan hadir yaitu Duta Besar Swiss untuk Indonesia Heinz Walker-Nederkoorn, dan Duta Besar Prancis Philippe Zeller.

Selanjutnya, Duta Besar Belgia Christian Tanghe, Duta Besar Kanada Mackenzie Clugston, Duta Besar Republik Ceko Pavel Rezac dan Duta Besar Mesir Ahmed El Kewai.

Vishnu mengatakan Frankofoni merupakan sebuah keluarga besar dengan bahasa yang sama, yaitu bahasa Prancis.

Hari Frankofoni dirayakan di seluruh dunia setiap tahun pada 20 Maret.

Menurut dia, acara ini akan diisi beragam acara seperti seminar kebudayaan dan pemutaran film budaya negara-negara di Eropa yang sebagian atau seluruh masyarakatnya menggunakan bahasa Prancis.

Kegaiatan yang akan di buka oleh Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Gumilar Rusliwa Somantri tersebut merupakan perayaan 41 tahun berdirinya Organisasi Internasional Frankofoni (OIF).

Rangkaian kegiatan dalam perayaan ini antara lain adalah lomba poster, presentasi negara anggota Frankofoni, seminar hingga pemutaran film dengan mengangkat tema multikulturalisme.

Selain dalam rangka memperingati Hari Frankofoni, pekan budaya itu juga untuk menjaring minat mahasiswa belajar bahasa Prancis.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan tahun keenam menyelenggarakan pekan Frankofoni.

Menurut dia, masyarakat mulai menyadari keberadaan bahasa Prancis sebagai bahasa internasional yang digunakan di sejumlah ilmu.(*)
(T.F006/A035)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar