Sleman (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Minggu, menyerahkan bantuan bibit pohon untuk membantu penghijauan kembali kawasan lereng Gunung Merapi di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang rusak akibat bencana erupsi.

"Bantuan bibit pohon ini kami harapkan bisa dipakai masyarakat Cangkringan untuk melakukan penghijauan kembali kawasan bencana Merapi," katanya saat menyerahkan bantuan bibit pohon di Balai Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Menurut dia, pihaknya juga akan berusaha mendatangkan setiap jenis pohon unggulan yang ada di seluruh wilayah Indonesia bisa ditanam di Kabupaten Sleman.

"Kami akan datangkan bibit-bibit pohon unggulan yang selama ini menjadi andalan masyarakat di seluruh Indonesia untuk bisa ditanam dan dikembangkan di lereng Merapi ini," katanya.

Ia mengatakan, kawasan lereng Merapi di Sleman dulu terkenal hijau karena banyak ditumbuhi pepohonan, namun saat ini kondisinya sangat memprihatinkan karena pohonj-pohon tersebut sudah hangus meranggas akibat terkena awan panas.

"Sebagian besar pohon-pohon tersebut kini musnah diterjang awan panas erupsi Gunung Merapi, sehingga penanaman pohon untuk penghijauan kembali kawasan ini sangat perlu dilakukan " katanya.

Muhaimin mengatakan, ada baiknya ke depan masing-masing pohon unggulan dari berbagai wilayah di Indonesia bisa ditanam di Sleman, sehingga daerah Merapi ini mempunyai keunikan sendiri.

"Saya akan minta setiap Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang berada di bawah Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang beraada di daerah-daerah lain bisa mendatangkan jenis pohon unggulannya ke Sleman, untuk ditanam di sini," katanya.(*)

(U.V001/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011