Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan Amerika Serikat Dr. Jane Lubchenco akan berkunjung ke Indonesia awal April 2011 untuk melakukan serangkaian pembicaraan mengenai kerja sama kedua negara.

"Ya, Wakil Mendag AS Dr. Jane Lubchenco yang juga menjabat Kepala Badan Kelautan dan Atmosfir Nasional (National Oceanic and Atmosphere Administration-NOAA) akan mengunjungi Indonesia dan akan menemui Komisi VI DPR," kata Ketua Komisi VI DPR Ir H Airlangga Hartarto kepada wartawan di Jakarta, Minggu.

Komisi VI DPR akan bertemu pejabat kementerian perdagangan AS guna mengembangkan dan meningkatkan kerjas ama bidang pendidikan. Peningkatan kerja sama bidang pendidikan dinilai AS sebagai hal yang strategis selain misi perdaganga di Indonesia.

Airlangga mengatakan, kedatangan pejabat AS itu kemungkinan besar sekitar 4 April 2011.

"Komisi VI DPR akan menerima Wamendag AS, 4 April 2011, mudah-mudahan tak ada perubahan," katanya.

Namun saat ditanya apakah dibalik lobi Wamendag AS ke Komisi VI terkait upaya membendung barang-barang produk China yang menyerbu Indonesia, Airlangga membantahnya.

"Tak ada pembicaraan soal itu. Yang jelas, kunjungannya ingin lebih mendayagunakan aspek pendidikan," katanya.

Mengenai kemungkinan AS memberikan kesempatan beasiswa lebih besar untuk mahasiswa Indonesia ke Amerika, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ini mengatakan secara diplomatis pemberian beasiswa tidak hanya dari pemerintah AS namun juga berasal dari organisasi-organisasi dan institusi lainnya.

"Bea siswa diberikan oleh berbagai organisasi internasional," katanya.

Wakil Menteri Perdagangan AS Jane Lubchenco sudah pernah mengunjungi Indonesia. Dia melakukan penanam pohon bersama mahasiswa-mahasiswi London School of Public Relations (LSPR) di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, 5 Januari 2010.(*)

(T.S023/R007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011