Jakarta (ANTARA News) - Samsung Electronic, produsen handset nomor dua dunia, mengenalkan model Galaxy Tab terbaru berlayar 10,1 dan 8,9 inch yang diklaim sebagai tablet tertipis di dunia saat ini.

Tablet terbaru Samsung itu dipaparkan dalam pameran asosiasi komunikasi wireless internasional (CTIA) 2011 di Orlando, Florida, Selasa waktu setempat (Rabu WIB), sebagaimana dilaporkan ZDNet.

Dua Galaxy Tab terbaru itu memiliki ketebalan hanya 8,6 milimeter, lebih tipis dari iPad 2 buatan Apple yang sebelumnya disebut-sebut sangat tipis dengan 8,8 milimeter.

Ketipisannya itulah, yang secara fisik membedakan dengan berukuran layar sama 10,1 inch yang diluncurkan pada Mobile World Congress Februari lalu.

Kedua tablet terbaru nan tipis tersebut dijalankan dengan sistem operasi Android 3.0 Honeycomb, dan menjadi tablet pertama yang mendukung untuk aplikasi TouchWiz UX terbaru untuk tablet.

TouchWiz UX merupakan sebuah panel yang bisa di-costumise oleh user dengan konten berbeda, seperti gambar, bookmarks, juga feed jejaring sosial. Terdapat pula fasilitas yang memberikan akses kepada aplikasi-aplikasi yang sering digunakan sehingga memudahkan multi-tasking.

Ditengah kemunculan dua produk tablet barunya, Samsung juga didera rumor yang menyebutkan bahwa perusahaan itu masih menyimpan banyak persediaan tablet Galaxy akibat kurang berhasilnya dalam penjualan.

Dalam laporan Reuters mengutip media online MoneyToday disebutkan, rumor pasar bahwa inventory Galaxy Tab masih dalam angka beberapa ratus ribu unit telah membuat saham perusahaan Korea itu dalam tekanan baru-baru ini.

Tablet Samsung tidak terjual dengan baik sehingga mungkin perusahaan itu harus menurunkan harga secara agresif untuk bisa bersaing dengan iPad 2 punya Apple.

Juru bicara Samsung James Chung menolak mengomentari spekulasi pasar tersebut.

(S026/B010)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011