Melbourne (ANTARA News) - Berikut beberapa statistik Formula Satu untuk seri balapan pembuka Grand Prix Australia yang akan dilangsungkan pada hari Minggu (27/3) di Melbourne, seperti dilaporkan Reuters:

----

JUARA

Pada musim ini Formula Satu diikuti oleh lima orang juara dunia F1, terbanyak semenjak 1970 ketika Jack Brabham (Australia),

Denny Hulme (Selandia Baru), John Surtees (Inggris), Graham Hill (Inggris) dan Jackie Stewart (Inggris) yang juga adalah para juara Formula Satu di masa mereka juga pernah berada di satu lintasan secara bersama-sama.

Kelima juara yang saat ini akan saling bertarung adalah Michael Schumacher (juara dunia tahun 1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003 dan 2004, Jerman), Fernando Alonso (juara dunia tahun 2005 dan 2006, Spanyol), Lewis Hamilton (juara dunia tahun 2008, Inggris), Jenson Button (juara dunia tahun 2009, Inggris) dan Sebastian Vettel (juara dunia tahun 2010, Jerman).

Pembalap Red Bull Sebastian Vettel (23 tahun) adalah juara dunia termuda olahraga ini. Dia adalah orang Jerman kedua yang berhak menempelkan nomor 1 di mobilnya semenjak kejuaraan ini mulai dipertandingkan pada 1950.

Gelar juara Vettel berarti Jerman telah menyamai Brazil di peringkat kedua dalam pengumpulan gelar juara dunia pembalap F1, yaitu sebanyak 8 kali, sementara peringkat pertama dipegang oleh Inggris dengan 14 kali juara dunia.

Hanya delapan pembalap yang pernah memenangi gelar secara berturut-turut.

----

MENANG

Ferrari telah memenangi 215 balapan, McLaren 169 dan Williams 113.

Red Bull sejauh ini telah memenangi 15 balapan.

Michael Schumacher memegang rekor kemenangan kategori pembalap, yaitu 91 kali. Kemenangan terakhirnya adalah di GP China bersama Ferrari pada 2006.

Setelah Schumacher, Alonso merupakan pembalap kedua dengan kemenangan terbanyak di antara pembalap yang sedang bertarung musim ini, yaitu 26 kali. Satu kemenangan lagi maka pembalap Spanyol ini dapat mensejajarkan dirinya dengna Stewart di tempat kelima pembalap yang paling banyak memenangi balapan sepanjang sejarah F1.

Hamilton telah mengoleksi 14 kemenangan, Vettel 10, dan Button sembilan.

Apabila pembalap Renault Nick Heidfeld dapat menang di GP Australia musim ini maka dia dapat menorehkan rekor sebagai pembalap dengan start balapan terbanyak sebelum memenangi sebuah balapan. Pembalap Jerman ini akan menjalani startnya yang ke 173 di Melbourne.

Saat ini rekor pembalap dengan start balapan terbanyak sebelum memenangi sebuah balapan dipegang oleh Pembalap Australia Mark Webber (Red Bull) dengan 131 kali start. Sejauh ini dia telah memenangi enam balapan.

- - - -

AUSTRALIA

Button merupakan juara dua balapan GP Australia terakhir. Satu-satunya pembalap yang menang tiga kali berturut-turut di Australia adalah Michael Schumacher, yaitu dari 2000 sampai 2002.

Webber sedang mengincar gelar orang Australia pertama yang menjadi juara di negaranya sendiri itu. Dia juga merupakan satu-satunya orang Australia di garis start.

Sejak 1985, McLaren telah menang 10 kali di Australia sementara pembalap Ferrari menjadi pembalap yang paling banyak naik ke podium utama, yaitu dalam tujuh kesempatan.

Hanya dua kota di Australia yang pernah menjadi tuan rumah balapan GP Australia, yaitu Adelaide dari 1985 sampai 1995 dan Melbourne dari 1996 sampai saat ini.

Melbourne telah menjadi seri pembuka musim sebanyak 13 kali.

- - - -

BAN

Pirelli, saat ini merupakan pemasok ban tunggal bagi tim-tim F1 menggantikan Bridgestone, mereka kembali setelah sempat absen selama 20 tahun.

Balapan terakhir yang dimenangi pabrik ban Italia itu adalah pada 1991 di GP Kanada bersama pembalap Brazil Nelson Piquet di atas Benetton.

- - - -

ROOKIE (PEMBALAP BARU)

Pastor Maldonado (Williams) akan menjadi orang Venezuela pertama yang berada di garis start balapan Formula Satu semenjak Johnny Cecotto pada 1984.

Sergio Perez (Sauber) akan menjadi orang Meksiko pertama semenjak Hector Rebaque pada 1981.

Jerome d`Ambrosio (Virgin) akan menjadi orang pertama yang membalap dengan lisensi Belgia semenjak Phillipe Adams pada 1994.

Pembalap Inggris Paul di Resta, yang membalap untuk Force India, merupakan rookie keempat pada musim ini.

Sejak 1950, hanya ada 58 pembalap yang berhasil memperoleh poin dalam debut F1 mereka. Yang terakhir adalah pembalap Swiss Sebastien Buemi di Australia pada 2009.

- - - -

POIN

Tim Lotus, Hispania (HRT) dan Virgin Racing adalah tim yang belum memperoleh poin di Formula One semenjak debut balapan mereka di Bahrain tahun lalu. (OKS/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011