Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan melangsungkan latihan perang dengan senjata tajam, Kamis, dekat perbatasan yang disengketakan dengan Korea Utara untuk menunjukkan kekuatan sekaligus peringatan satu tahun tenggelamnya satu kapal perang Korsel.

Tank, kendaraan lapis baja, artileri, helikopter dan pesawat jet ikut ambil bagian dalam latihan perang di kawasan Pocheon, 30 kilometer sebelah selatan perbatasan, kata kementerian pertahanan seperti dikutip AFP.

Pertunjukan tersebut terjadi sehari setelah militer Korut mengancam untuk menembak kembali sebagai balasan dari selebaran yang disebarkan aktivis anti-Pyongyang dekat perbatasan Laut Timur yang disengketakan.

Korsel juga melangsungkan latihan di sepanjang perairan selama satu minggu yang dimulai Senin untuk memperingati satu tahun tenggelamnya kapal perang miliknya 26 Maret tahun lalu.

Korsel menuduh Korut menembakkan torpedo ke kapal itu dan menewaskan 46 orang pelaut. Pyongyang membantah tuduhan tersebut.

Latihan perang di laut itu dilaporkan termasuk latihan tiga hari oleh kapal perang dan pesawat tempur mulai Jumat, dengan simulasi penyerangan terhadap kapal selam, kapal dan pesawat tempur Korut.(*)

KR-DLN/H-AK

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011