Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berupaya mempertahankan capaian dalam penanganan pandemi COVID-19 setelah Indonesia menempati peringkat tertinggi di antara negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam Indeks Pemulihan COVID-19 yang dikeluarkan oleh Nikkei.

Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers melalui saluran YouTube BNPB di Jakarta, Selasa sore, mengatakan bahwa kolaborasi pemerintah dengan masyarakat dibutuhkan untuk mempertahankan capaian tersebut.

Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, ia mengatakan, dibutuhkan untuk menjaga penularan COVID-19 tetap terkendali dan pemulihan perekonomian berjalan baik. 

Wiku mengatakan bahwa posisi Indonesia naik dari peringkat 54 ke peringkat 41 dalam Nikkei COVID-19 Recovery Index terkini, yang disusun berdasarkan hasil penilaian mengenai manajemen infeksi, vaksinasi, dan pengendalian mobilitas sepanjang Oktober 2021.

Wiku mengatakan bahwa capaian itu merupakan hasil kerja sama dari semua pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di Indonesia.

Ia menjelaskan pula bahwa pada  3 November 2021 seluruh provinsi di Indonesia berada di tingkat penularan komunitas level 1 berdasarkan penilaian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai penularan COVID-19.

Baca juga:
Wapres: Penanganan COVID-19 di Indonesia masuk kategori terbaik
Satgas: Tiga provinsi mengalami tren peningkatan kasus COVID-19

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021