PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko Dapat Penghargaan PATA Gold Award 2011

     Jakarta, 25/3 (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko mendapat penghargaan PATA Gold Award 2011 untuk kategori warisan budaya (heritage), setelah berhasil menyisihkan 223 peserta dari 102 organisasi maupun individu dari seluruh dunia.

     Penghargaan bergengsi dari Organisasi Pariwisata se-Asia Pasifik atau Pacific Asia Travel Association (PATA) ini akan disampaikan kepada Direktur Utama PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko Purnomo Siswoprasetjo mewakili Indonesia dalam acara PATA's 60th Anniversary and Conference di Beijing, Cina pada 11 April 2011 mendatang.

     Dalam acara pemberian penghargaan PATA Gold Award 2011 yang akan dihadiri sekitar 500 pelaku industri pariwisata dunia dan media internasional itu, para pemenang PATA Gold Award 2011 akan dipromosikan dalam press conference serta masuk dalam  booklet yang akan dibagikan pada acara makan siang. "Penghargaan PATA Gold Award 2011 ini merupakan pengakuan internasional terhadap keberhasilan pengelolaan dan pemanfaatan Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko sebagai konservasi, edukasi, serta pariwisata," kata Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar didampingi Purnomo Siswoprasetjo dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (23/3).

     Menurut Sapta Nirwandar, Borobudur dan Prambanan yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai world heritage (warisan dunia) telah dikelola secara optimal sesuai ketentuan, termasuk pemanfaatannya dalam mensejahterakan masyarakat sekitar.

     Candi Borobudur yang dibangun oleh Dinasti Syailendra sekitar 800 M merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia. Candi Budha terbesar di dunia ini sudah lama dikenal wisatawan internasional. Keistimewaan Borobudur yang memiliki estetika keindahan bentuk serta ornamen yang mengisahkan sejarah dan ajaran nilai-nilai yang ada dalam relief candi telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia serta dimasukan dalam World Heritage List Nomor 592 dan wajib dilestarikan.

     Sementara Candi Prambanan merupakan candi Hindu tertinggi dan terindah di dunia yang dibangun pada abad 18. Sedangkan Ratu Boko adalah kompleks istana maha agung yang hilang dari abad 18 dan satu-satunya situs arkeologi dengan campuran arsitektur Hindu dan Budha. PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko merupakan badan pengelola (BUMN) yang mengelola Taman Candi Borobudur, Prambanan,  dan Istana Ratu Boko.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Pewarta:
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar