Barcelona (ANTARA News/Reuters) - Pembalap sepeda asal Spanyol Alberto Contador merebut kemenangan terbesarnya pada musim 2011 saat dia menjuarai Tur Katalonia, Minggu.

Pembalap tim Saxo Bank itu sudah memimpin klasemen pada saat Kamis lalu dia mengetahui kalau Persatuan Sepeda Internasional (UCI) mengajukan banding atas pembebasan dia dari hasil positif tes doping pada Tur Prancis tahun lalu.

Pada hari Minggu, Contador menyelesaikan balapan selama tujuh hari itu di pusat kota Barcelona dengan keunggulan 23 detik atas pembalap Italia Michele Scarponi, dengan pembalap Irlandia Dan Martin di posisi ketiga, terpaut 35 detik lagi.

"Ini salah satu balapan sepekan terberat yang saya jalani," kata Contador pada para pewarta. "Saya sudah melakukan balapan lain dengan lebih banyak tanjakan yang jauh lebih mudah."

Contador, salah satu dari tujuh juara Tur Prancis yang memenangi Tur Katalonia, mengatakan," balapan ini merupakan salah satu yang sangat saya inginkan...ini sangat bergengsi."

Ditanya apakah kemenangan tersebut merupakan cara dia untuk menanggapi banding UCI, Contador mengatakan," saya tidak membalap untuk membuat respon pada siapapun. Saya selalu mengikuti balapan untuk sepenuhnya meraih kemenangan."

Etape terakhir yang digelar dari Parets del Valles hingga Barcelona, dimenangi oleh pembalap Prancis Samuel Dumoulin, yang mengungguli pembalap Kolombia Rigoberto Uran.(*)
(Uu.I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011