London (ANTARA News) - Fabio Capello memastikan bahwa gelandang Manchester City Gareth Barry akan menjadi kapten tim nasional Inggris untuk pertandingan persahabatan melawan Ghana di Wembley, Selasa esok.

Barry akan mengenakan ban kapten karena pelatih Inggris Fabio Capello mengijinkan kapten yang baru ditunjuk kembali, John Terry, untuk tidak mengikuti pertandingan tersebut.

Terry, Frank Lampard, Ashley Cole, Wayne Rooney, dan Michael Dawson dipulangkan Capello untuk beristirahat guna menghadapi pertandingan klubnya masing-masing, yang semuanya berkompetisi di Liga Champions, dan itu membuat Barry sebagai pemain paling senior yang tersisa di tim.

Barry bahkan tidak masuk dalam 18 pemain yang dipilih Capello dalam kemenangan 2-0 atas Wales pada kualifikasi Euro 2012 Sabtu lalu, tapi ketidakhadiran begitu banyak pemain berpengalaman membuat dia menjadi pilihan kapten terbaik bagi pelatih asal Italia itu.

"Barry akan jadi kapten. Dia bermain pada seluruh pertandingan bersama saya selain satu pertandingan terakhir," kata Capello.

"Dia pemain yang bagus dan kapten yang bagus. Dia juga pemain yang paling banyak memperkuat tim nasional Inggris."

Keputusan Capello untuk memberi Terry waktu istirahat terjadi hanya sepekan setelah dikritik karena mengganti kapten sebelumnya Rio Ferdinand dengan pemain belakang Chelsea itu.

Pelatih Inggris itu kini menggunakan tujuh kapten berbeda selama masa tugas tiga tahunnya, meskipun Barry memiliki pengalaman sebelumnya memimpin Inggris.

Dia mengenakan ban kapten pada babak kedua pertandingan persahabatan melawan Trinidad dan Tobago pada Juni 2008 dan juga sempat menjadi kapten secara singkat selama pertandingan persahabatan berikutnya melawan Mesir dan Denmark.(*)

I015/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011