Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memperingatkan kepada nelayan daerah ini agar mewaspadai gelombang laut di Perairan Enggano yang tingginya berkisar 2,5 hingga lima meter.

Gelombang laut setinggi lima meter itu berpeluang terjadi diperairan Bengkulu hingga perairan Lampung, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Rabu.

Gelombang di samudra Hindia Barat Bengkulu diperkirakan berkisar antara 2,5 hingga empat meter, hembusan anginnya dari arah Tenggara sampai barat laut dengan kecepatan antara 10-28 knot.

Sedangkan gelombang di perairan Bengkulu tingginya berkisar antara satu hingga empat meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 05-22 knot.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berawan, kecuali daerah Kabupaten Kaur terjadi hujan ringan pada pagi dan siang hari, suhu udaranya 24-32 derajat celcius dan kelembabannya antara 58-96 persen, katanya.

Seorang nelayan Bengkulu Andi mengatakan, akan istirahat dulu menangkap ikan sampai gelombang normal karena perairan Bengkulu sangat rawan akan gelombang tinggi dan angin kencang secara mendadak, ujarnya.

"Kami mendapat informasi dari BMKG bahwa akan terjadi gelombang tinggi rata-rata lima meter dan angin kencang pada hari-hari mendatang, ujarnya. (Z005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011