Pembangunan stadion yang sempurna, tepat waktu dan sesuai anggaran. Ini adalah contoh yang sangat cocok untuk menggambarkan bahwa London sudah benar-benar siap menjadi tuan rumah event terbesar di muk
London (ANTARA News/AFP) - Pembangunan Stadion Olimpiade 2012 London akhirnya tuntas, Selasa (Rabu WIB) yang ditandai dengan pemasangan lempengan rumput terakhir di lapangan.

Pembangunan stadion dengan kapasitas 80.000 penonton itu membutuhkan waktu kurang dari tiga tahun sejak awal sampai akhir dengan total biaya 777 juta dolar AS. Lebih dari 5.250 orang terlibat dalam proyek stadion tersebut.

Meski secara umum sudah selesai, sentuhan terakhir pembangunan itu adalah pemasangan lintasan lari.

Sebastian Coe, ketua panitia Olimpiade London 2012 yang didampingi Frankie Fredericks, sprinter legendaris Namibia, melakukan pemasangan terakhir lempengan rumput tersebut.

Diperlukan sebanyak 360 gulungan lempengan rumput untuk menutupi lapangan dengan luas 9.000 meter persegi.

"Stadion Olimpiade akan menjadi jantung Taman Olimpiade yang baru," kata Coe sambil menambahkan bahwa pembangunan stadion tersebut selesai sesuai jadwal dan juga sesuai dengan anggaran.

Tapi masih banyak yang harus dilakukan sebelum stadion tersebut bisa digunakan pada pesta olahraga dunia selama dua minggu penuh yang berlangsung pada Juli 2012 itu.

"Pada musim panas mendatang, stadion sudah siap untuk menggelar ujicoba sebelum menjadi pusat kegiatan Olimpiade 2012 dan Paralympic Games," kata Coe.

Sementara itu Walikota London Boris Johnson menyebut stadion tersebut sebagai "tonggak fantastis" dalam persiapan menghadapi Olimpiade 2012.

"Pembangunan stadion yang sempurna, tepat waktu dan sesuai anggaran. Ini adalah contoh yang sangat cocok untuk menggambarkan bahwa London sudah benar-benar siap menjadi tuan rumah event terbesar di muka bumi ini," kata Johnson.

Frankie Fredericks, ketua Komite Atlet IOC, menambahkan: "Atlet yang telah menghabiskan waktu untuk berlatih, memang layak untuk mendapatkan hasil terbaik dalam kondisi terbaik. Saya percaya bahwa mereka yang akan bersaing di sini pada 2012 tidak akan kecewa."

Stadion berbentuk mangkuk dua tingkat yang berlokasi di Stratford, London Timur itu, akan menggelar upacara pembukaan dan penutupan, serta cabang atletik.

Setelah Olimpiade 2012 usai, stadion tersebut akan diambil alih oleh klub Liga Utama Inggris West Ham United, yang sebelumnya bermarkas di Upton Park.

(A032)

Copyright © ANTARA 2011