Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka menguat tipis 6,80 poin seiring dengan pergerakkan bursa regional yang poisitif.

IHSG BEI dibuka menguat 6,80 poin atau 0,18 persen menjadi 3.647,79, dan indeks 45 saham unggulan (LQ45) juga naik 1,75 poin atau 0,26 persen ke posisi 652,63.

Analis pasar modal Christine Salim di Jakarta, Kamis mengatakan, bursa Asia pagi ini dibuka menguat tipis begitu juga dengan indeks BEI.

"Indeks didorong sentimen positif dari bursa AS dan langkah Goldman Sachs menaikkan rekomendasi bursa China menjadi Overweight seiring ekspektasi kebijakan pengetatan ekonomi China mulai mereda," katanya.

Ia menambahkan, beberapa emiten yang merilis laba diatas ekspektasi antara lain Bank Rakyat Indonesia (BBRI), bank Mandiri (BMRI) dan Timah (TINS).

Ia memperkirakan, indeks akan berjalan sideways (datar) dengan resistance di level 3,675.

Analis bidang Sekuritas Purwoko Sartono menambahkan, indeks BEI dibuka naik didorong oleh momentum laporan keuangan dan antisipasi keluarnya data inflasi Maret tahun ini.

"Bursa regional Asia juga mengalami rebound setelah sepanjang pekan lalu sempat tertekan oleh krisis pembangkit nuklir Jepang," ujarnya.

Ia mengatakan, investor masih akan fokus pada laporan keuangan 2010, serta data inflasi pada bulan ini.

"IHSG diproyeksikan akan bergerak pada kisaran support-resistance 3.625-3.670 untuk perdagangan hari ini" katanya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011