Yogyakarta (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Istimewa Yogyakarta mendesak pemerintah pusat berperan lebih banyak lagi dalam mengatasi konflik di Timur Tengah, termasuk Libya.

"Timur Tengah, misalnya Libya sedang mengalami masa transisi dan pemerintah seharusnya bisa berperan lebih proaktif dalam menyikapi konflik yang sedang terjadi," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS) DIY Sukamta di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kondisi Timur Tengah sekarang adalah kesempatan aik bagi Indonesia untuk mengambil peran di dunia internasional.

"Indonesia memiliki sejarah dan hubungan yang baik dengan Libya, karena sama-sama berada di Gerakan Non Blok dan juga Asia Afrika," katanya.

Peran yang bisa dilakukan Indonesia dalam menyikapi keadaan di Timur Tengah, khususnya di Libya, lanjut dia, adalah mengajak pemimpin negara tersebut, Moamar Khadafi, untuk berdialog dan memberikan jalan keluar.

"Apalagi Indonesia juga pernah mengalami keadaan serupa saat era Orde Baru. Pengalaman ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan alternatif jalan keluar di Libya," katanya.(*)

E013/H008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011