Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah pertemuan Menteri Keuangan se-ASEAN (ASEAN Finance Ministers Meeting) 2011 yang akan diselenggarakan pada 7-8 April mendatang di Nusa Dua, Bali.

Kepala Biro Humas Kementerian Keuangan Yudi Pramadi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, menjelaskan Indonesia terpilih menjadi tuan rumah karena saat ini menduduki posisi Ketua (Chair) Association of South East Asia Nations (ASEAN)

Dalam pertemuan tersebut juga diadakan beberapa pertemuan penting lainnya seperti pertemuan tingkat Deputi Menteri Keuangan Negara-negara ASEAN plus tiga, yaitu ASEAN plus China, Jepang, dan Korea Selatan.

AFMM merupakan pertemuan tingkat Menteri Keuangan Negara-negara ASEAN yang diadakan setiap tahun, pada minggu pertama bulan April dan dilakukan bergilir diantara negara-negara anggota ASEAN.

Tujuan utama pertemuan adalah untuk mempercepat kerjasama dan dialog kebijakan antara negara-negara anggota ASEAN di bidang ekonomi dan keuangan dalam upaya untuk memperkuat sistem keuangan daerah, mengembangkan pasar keuangan yang efektif dan mendalam, serta memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Sementara, terkait dengan kerjasama khusus yang dilakukan Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu) akan meliputi kerjasama di bidang pengembangan pasar modal, asuransi, kepabeanan, dan pembiayaan infrastruktur.

Dalam bidang pasar modal, tujuannya adalah agar pasar modal ASEAN menjadi lebih dalam dan likuid sehingga lebih kuat dalam menghadapi integrasi pasar keuangan dunia dan dapat memfasilitasi pengembangan sektor riil.

Berkenaan dengan asuransi, kerjasama yang dilakukan untuk meningkatkan akses pasar asuransi dan harmonisasi regulasi melalui pertukaran informasi sehingga mampu mendukung kepastian dunia usaha.

Dalam bidang kepabeanan, kerjasama diarahkan untuk harmonisasi regulasi kepabeanan dalam kerangka meningkatkan fasilitasi perdagangan dan investasi menuju ASEAN sebagai pasar tunggal (single market) dan basis produksi (production base).

Sedangkan dalam bidang pembiayaan infrastruktur, akan membahas mengenai pembentukan ASEAN Infrastructure Fund yang merupakan alternatif sumber pembiayaan bagi pengembangan proyek-proyek infrastruktur di kawasan ASEAN.
(S034)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011