Jakarta (ANTARA News) - Pendaftaran calon pengurus PSSI periode 2011-2015 meliputi ketua umum dan wakil ketua umum serta anggota Eksekutif Komite (EXCO) PSSI versi Kongres Pekanbaru dijadwal ulang dari 29 Maret-5 April menjadi 2-15 April.

Ketua Komite Pemilihan Harbiansyah Hanafiah di Jakarta, Jumat mengatakan salah satu alasan penjadwalan ulang adalah untuk mengakomodir bakal calon yang akan mengajukan diri dalam tahapan kongres pemilihan pengurus PSSI yang rencananya digelar di Surabaya, 29 April mendatang.

"Keputusan ini diambil setelah melalui pembahasan di Komite Pemilihan," katanya.

Menurut dia, selain untuk mengakomodir bakal calon, penjadwalan ulang dilakukan untuk mempersiapkan masalah teknis di antaranya dalam pengiriman formulir pencalonan ke pemilik suara, pengembalian formulir ke Komite Pemilihan, serta verifikasi formulir secara administratif.

Komite Pemilihan juga telah menetapkan syarat pencalonan untuk menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum serta Anggota EXCO. Calon ketua umum dan wakil ketua umum minimal harus didukung 20 suara. Sedangkan calon anggota EXCO harus didukung minimal empat suara.

Aturan yang dibuat oleh Komite Pemilihan hasil Kongres Pekanbaru itu berbeda dengan aturan yang dibuat sebelumnya yaitu bahwa bakal calon minimal hanya didukung satu suara sah.

"Kami sudah membuat keputusan baru tentang syarat khusus pencalonan. Bakal calon harus mendapatkan dukungan 20 suara sah. Jumlah calon harus dibatasi karena waktunya terbatas. Lima calon ketua dan wakilnya sudah cukup. Kongres juga hanya memilih satu nama sebagai ketua umum dan wakilnya," katanya.

Pria yang juga Ketua Umum klub Persisam Samarinda itu menjelaskan selain harus mendapatkan dukungan minimal 20 suara, bakal calon juga harus memenuhi beberapa persyaratan lain di antaranya harus warga negara Indonesia dan dibuktikan dengan dokumen kependudukan, berusia minimal 30 tahun, tidak pernah terlibat kasus kriminal, sehat jasmani dan rohani dan pernah aktif dalam sepak bola tanpa ada batasan waktu.

Pada kongres pemilihan pengurus PSSI periode 2011-2015, jumlah suara yang akan diperebutkan bakal calon sebanyak 100 suara. Jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah jika suara dari tiga klub yang dicoret dari keanggotaan PSSI akibat turun di Liga Primer Indonesia (LPI) diputihkan.

Berikut tahapan kongres pemilihan pengurus PSSI periode 2011-2015, 1-3 April 2011 pengumuman ke publik, 2-15 April 2011 masa pendaftaran, evaluasi dan verifikasi bakal calon oleh Komite Pemilihan. Tanggal 16 April 2011 pengumuman dan penyampaian informasi mengenai calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan calon anggota EXCO.

Tahapan berikutnya adalah masa sanggah bakal calon yang tidak lolos verifikasi yaitu tanggal 17-23 April. Dilanjutkan sidang Komite Banding tentang sanggahan bakal calon, 24-26 April dan tanggal 27 April hasil Komite Banding diumumkan.

Setelah semua tahapan selesai dan telah ditemukan bakal calon yang telah memenuhi persyaratan dilanjutkan dengan kongres pemilihan pengurus PSSI di Surabaya, 29 April mendatang.(*)
(T.B016/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011