Madrid (ANTARA News/AFP) - Legenda hidup Brazil Ronaldo, yang mengumumkan pensiun dari sepak bola Februari lalu, akan diberi penghormatan pada Sabtu oleh bekas klub dia, Real Madrid, pada pertandingan kandang klub tersebut melawan Sporting Gijon.

Pria berusia 34 tahun itu akan melakukan "kick-off" kehormatan sebelum pertandingan dan akan diberi sebuah replika patung yang ada di depan ruang ganti pemain, kata klub itu dalam sebuah pernyataan dalam website mereka, Jumat.

Ronaldo bergabung dengan Real dari Inter Milan pada 2002. Dia memenangi dua gelar liga, satu Piala Intercontinental, dan saty Piala Super Spanyol bersama klub tersebut sebelum dijual ke AC Milan pada Januari 2007.

"Tingkatan dan kualitas dia akan diingat oleh generasi mendatang," kata pernyataan tersebut.

Ronaldo mengumumkan pensiunnya dari sepak bola kompetitif dalam sebuah jumpa pers pada 14 Februari, dengan menyebutkan lelah dan masalah "hypothyroid" sebagai alasan.

Perpisahan terakhir dia dengan sepak bola akan dalam pertandingan persahabatan melawan Rumania di Sao Paulo pada 7 Juni.

Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia, dengan total 15 gol, lebih satu gol dari pemain Jerman Gerd Muller.

Dia merupakan salah satu dari dua pemain yang memenangi penghargaan pemain terbaik FIFA tiga kali, satu lagi adalah pemain Prancis Zinedine Zidane, yang juga bermain bagi Real.(*)
(Uu.I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011