Menperin pacu desainer produk industri nasional raih peluang global

Menperin pacu desainer produk industri nasional raih peluang global

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat memberi sambutan pada Indonesia Good Design Selection di Jakarta, Selasa (16/11/2021). ANTARA/Sella Panduarsa Gareta/am.

Peluang di sektor desain industri tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para desainer dalam negeri
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong para desainer produk dalam negeri untuk meraih dan memanfaatkan peluang pasar global, mengingat pasar desain produk industri semakin besar dan berkembang.

Global Industrial Design Market 2020 Research Report menyatakan bahwa nilai pasar global dari desain produk industri pada tahun 2019 tercatat mencapai 45,38 miliar dolar AS dan diproyeksikan akan mencapai 65,41 miliar dolar AS pada akhir tahun 2026 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3 persen selama kurun waktu 2021-2026.

"Peluang di sektor desain industri tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para desainer dalam negeri," kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita Jakarta, Selasa.

Menperin mengatakan dalam upaya merebut pasar yang sedemikian besar, penguatan nilai dan karakter produk sangatlah penting.

Di samping menghadirkan nilai lokal dalam desain, lanjut dia,  penting bagi para desainer untuk mengikuti tuntutan global yang tengah berkembang.

Baca juga: Melalui IGDS, Kemenperin apresiasi pengembangan desain produk industri

Dewasa ini muncul kesadaran bersama di dunia tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dalam rangka menjaga kualitas kehidupan manusia.

Kesadaran tersebut telah mendorong komitmen bangsa-bangsa dunia untuk melakukan collective actions dalam rangka pembangunan tujuan berkelanjutan yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Aspek keberlanjutan merupakan tuntutan global yang kini tengah menjadi tren dan sangat menentukan perkembangan desain produk ke depan, dan bahkan menambah nilai ekonomi dari suatu produk.

Konsep dan nilai-nilai universal yang menopang keberlanjutan seperti recyclability, durability, biodegradability, ecolability, dan circularity harus menjadi perhatian khususnya para desainer dan pelaku industri.

"Saya yakin kombinasi nilai lokal dan nilai keberlanjutan akan melahirkan desain produk industri yang tidak saja diterima dengan baik oleh dunia, tetapi juga memiliki pesona dan efek wow yang dapat meningkatkan nilai tambah dalam setiap produk industri kita," ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: Kemenperin: Industri desain produk berpotensi sumbang perekonomian

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tingkatkan daya saing produk ke pasar dunia melalui desain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar