Tripoli (ANTARA News) - Pemerintah Libya menunjuk Andelati Obesidi sebagai menteri luar negeri, kata seorang pejabat senior pemerintah, Selasa.

Obeidi, yang sebelumnya  wakil menteri luar negeri, kini sedang dalam lawatan ke luar negeri untuk membicarakan penyelesaian krisis Libya.

Menurut Khaled Kaim,  juga wakil menteri luar negeri , ketika ditanya apakah Obeidi telah dipromosikan ke jabatan puncak kementerian, menjawab : "Ya, ia telah (dipromosikan)".

Obeidi, wakil menteri luar negeri untuk urusan Eropa, akan menggantikan Mussa Kussa, yang membelot ke Barat pekan lalu.

"Abdelati Obeidi adalah menteri baru," kata Khaled Kaim.

Obeidi adalah seorang mantan perdana menteri yang memegang jabatan kementerian negara urusan luar negeri sebelumnya.

Kussa, yang memimpin dinas intelijen Libya dari 1994 hingga 2009, selama ini dianggap sebagai orang kepercayaan utama Muamar Gaddafi sebelum mundur dan minta perlindungan di Inggris pekan lalu.

Obeidi yang sekarang berusia 72 tahun berasal dari bagian timur negara itu, yang sekarang dikuasai oleh pemberontak. Ia pernah jadi duta besar untuk Turki dan Italia di antara penugasan-penugasan lain dalam diplomasi Libya.

Sebagai wakil menteri luar negeri untuk urusan Eropa, Obeidi telah terlibat dalam pembicaraan untuk memulihkan hubungan Libya yang lama tegang dengan Barat.
(S008/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011