Jakarta (ANTARA news) - Komite Normalisasi yang dipimpin oleh Agum Gumelar menetapkan bahwa kongres untuk memilih ketua umum PSSI yang baru akan digelar pada 20 Mei mendatang.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat perdana Komite Normalisasi di Kantor PSSI di Jakarta, Rabu, yang dihadiri seluruh anggota yakni Joko Driyono, Siti Nurzanah , Sukawi Sutarip, Hadi Rudiatmo, Samsul Ashar, Satim Sofyan, dan Dityo Pramono.

Agum menjelaskan bahwa beberapa tugas Komite Normalisasi adalah menyelenggarakan pemilihan yang berdasarkan aturan pemilihan FIFA dan Statuta PSSI sebelum 21 Mei 2011.

"Soal lokasi kongres belum ditetapkan," kata Agum.

Selain itu, untuk membawa liga di luar PSSI berada dalam kendali PSSI dan juga untuk menjalankan kegiatan sehari-hari PSSI dalam semangat rekonsiliasi bagi kebaikan sepak bola Indonesia.

"Dalam rapat ini kami telah menyusun tahap-tahap penyelenggaraan kongres pemilihan ketua umum PSSI," katanya.

Sementara itu, anggota Komite Normalisasi, Joko Driyono, mengatakan beberapa tahapan penyelenggaraan kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Pada 12 April, Komite mulai membuka pendaftaran komite eksekutif, ketua umum, dan wakil ketua umum dan akan ditutup pada 17 April. Proses berikutnya adalah verifikasi," katanya.

Selanjutnya, menurut dia, selama lima hari berikutnya (setelah 17 April), dibuka kesempatan proses banding jika ada keberatan dari calon-calon.

"Pada 22 April undangan akan diterbitkan kepada seluruh anggota peserta kongres. Atau empat minggu sebelum kongres. Kami akan gelar kongres tanggal 20 Mei," katanya.

Ia menegaskan untuk peserta kongres dari klub divisi utama, ada pengecualian. Karena kompetisi Divisi Utama baru berakhir pada 29 April, maka untuk menghindari kesalahpahaman. "Kami juga akan bertemu dengan klub Divisi Utama ini," katanya.

Soal kerancuan mengenai nama-nama yang berhak mengikuti kongres mendatang, menurut dia, Komite Normalisasi juga memberi waktu kepada peserta kongres untuk memberi konfirmasi nama-nama orang yang akan mengikuti kongres.

Soal Liga Primer Indonesia (LPI), Agum kembali menegaskan bahwa pihaknya masih perlu bicara dengan semua pihak termasuk LPI.

"Kami juga akan mendengar dengan 78 pemilik suara dengan spirit konsolidasi, begitu juga dengan mantan pengurus PSSI. Komunikasi akan kami lakukan," katanya.

Ketua Dewan Kehormatan PSSI itu menjelaskan dengan adanya komunikasi yang baik dengan semua pihak, pihaknya optimistis semuanya bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan yang diinginkan.(*)
(T.T009/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011