New York (ANTARA News) - Harga minyak melewati 109 dolar Amerika Serikat per barel di New York untuk pertama kalinya dalam dua setengah tahun, pada Rabu waktu setempat, di tengah kekhawatiran tentang perang di Libya dan karena dolar melemah terhadap euro.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk penyerahan Mei, ditutup pada 108,83 dolar AS per barel, naik 49 sen dari Selasa.

Sebelumnya acuan kontrak West Texas Intermediate (WTI) atau minyak mentah light sweet mencapai 109,15 dolar AS -- tingkat yang terakhir terlihat pada September 2008.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei mencapai 123,37 dolar AS per barel -- tingkat tertinggi sejak awal Agustus 2008.

Brent menetap di 122,30 dolar AS per barel, naik delapan sen dari tingkat penutupan Selasa.

"Sebuah pengaruh utama di pasar telah menjadikan euro lebih kuat," kata Matt Smith dari Summit Energy, mencatat hubungan antara melemahnya dolar dan minyak dalam denominasi mata uang dolar.

Dolar pada tingkat terendah sejak Januari 2010 terhadap euro. Penurunan greenback mendorong investor untuk membeli komoditas yang dihargakan dalam dolar dalam upaya untuk melindungi modal mereka dari kehilangan nilai.

"Ini benar-benar sebuah dukungan untuk minyak mentah meskipun laporan netral pada persediaan" di Amerika Serikat, kata Smith.

Stok minyak mentah naik dua juta barel pekan lalu, Departemen Energi Amerika Serikat melaporkan, sehingga total peningkatan untuk Maret lebih dari 11 juta barel.

Membangun stok di negara konsumen minyak terbesar di dunia sesuai dengan harapan pasar.

Secara umum, Smith mengatakan, "pasar tidak ingin bergerak lebih rendah sedangkan ketidakpastian ini tetap di Timur Tengah."

"Minyak mentah Brent melanjutkan rally ... karena kekacauan politik di Libya, Yaman dan Bahrain mengangkat kekhawatiran lebih lanjut mengenai pasokan minyak di kawasan tersebut," kata analis Sucden, Myrto Sokou.

Di Libya timur yang dikuasai pemberontak, kapal tanker meninggalkan pelabuhan Tobruk pada Rabu membawa pengiriman minyak pertama sejak pemerintah pemberontak mendapat pengakuan dari beberapa negara, seorang wartawan AFP melaporkan.

Tanker milik Yunani berbendera Liberia meninggalkan terminal dekat Tobruk, 130 kilometer (80 mil) dari perbatasan Mesir. Kapal tanker itu berlabuh pada Selasa memuat minyak mentah Libya senilai hingga 100 juta dolar AS.

Ini adalah pengiriman pertama pemberontak yang telah mengambil penuh tanggung jawab, dari kanan ekstraksi sampai dengan pengiriman, dan bukan hanya masalah mengisi pesanan sebelumnya.

Ini juga merupakan ekspor pertama sejak serangan udara koalisi internasional dimulai pada 19 Maret dengan pemberontak berharap mendapatkan uang tunai untuk membiayai mereka melawan pasukan pemimpin Moamer Kadhafi.

Ekspor minyak Libya telah melambat menjadi menetes di tengah pemberontakan.

Bank of America Merrill Lynch mengatakan bahwa kenaikan harga minyak yang terus-menerus disebabkan oleh kerusuhan di Libya dan Timur Tengah bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi global.

"Beberapa tekanan tambahan ke atas pada komoditas tidak akan mengganggu pemulihan ekonomi, selama itu sementara," katanya dalam catatan pasar.

Namun, "sebuah kenaikan terus-menerus dalam harga minyak mentah Brent di atas 130 dolar AS tahun ini bisa membuat kerusakan ekonomi yang parah," bank memperingatkan. (A026/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011