KA Eknomi Surabaya-Jakarta Sementara Dihentikan

Kami sudah berpengalaman menghadapi ulah suporter, baik sebelum dan sesudah pertandingan berlangsung
Surabaya (ANTARA News) - Operasional sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi dari Surabaya dan Malang menuju Jakarta dihentikan sementara saat pertandingan sepak bola digelar di Surabaya untuk menghindari kerugian PT Kereta Api.

Humas PT KA Daerah Operasi (Daop) VIII/Surabaya Sri Winarto, Jumat, mengatakan, penghentian operasional rangkaian kereta api tujuan Jakarta berlaku pada Sabtu (9/4) dan Senin (11/4).

Penghentian operasional pada dua hari tersebut dikarenakan tingkat keamanan kereta api sangat rawan sehubungan dengan setelah pertandingan sepak bola antara Persebaya 1927 melawan Jakarta FC dalam kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) digelar di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, Minggu (10/4).

"Kami sudah berpengalaman menghadapi ulah suporter, baik sebelum dan sesudah pertandingan berlangsung," kata Winarto kepada wartawan di Surabaya.

Dia tak ingin kerugian akibat ulah suporter tim sepak bola yang merusak gerbong kereta api penumpang dan fasilitas umum di stasiun kembali terjadi.

"Berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan atas ulah suporter, kami memutuskan untuk menghentikan sementara operasional kereta api kelas ekonomi," katanya.

Kereta api kelas ekonomi yang dihentikan sementara operasionalnya itu adalah KA Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasar Senen, KA Gaya Baru (Surabaya Gubeng-Jakarta Pasar Senen), dan KA Matarmaja (Malang-Jakarta Pasar Senen).

"Kami mohon maaf kepada masyarakat pengguna kereta api kelas ekonomi tujuan Jakarta atas keputusan ini," katanya.

Pihaknya sudah menempelkan pengumuman penghentian operasional tiga rangkaian kereta api tersebut di stasiun-stasiun yang dilalui kereta api itu.

Pihak PTKA dan para penumpang sering kali menjadi korban ulah suporter tim sepak bola. Peristiwa terakhir terjadi pada saat Bonekmania, julukan suporter fanatik Persebaya, menumpang kereta api saat hendak menyaksikan tim kesayangannya bertanding di Tangerang, Banten, awal Januari 2011.

Peristiwa yang menimbulkan kerusakan sejumlah gerbong dan kepanikan penumpang kereta api itu dipicu oleh tewasnya dua suporter Persela Lamongan yang diduga dibunuh oleh Bonekmania di dalam KA Kertajaya dari Surabaya tujuan Jakarta.
(M038/N002)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar