Anggota DPR RI lainnya harus berhati-hati, harus pandai menjaga diri karena anggota DPR RI adalah milik publik
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa pengunduran diri Arifinto adalah bisa menyelamatkan "muka" parlemen dan Partai Keadilan Sejahtera.

"Kita harus menghargai dan menghormati pengunduran dirinya, itu adalah bentuk tanggungjawab Arifinto. Namun dia bisa melokalisir persoalan untuk dirinya sendiri sehingga tak merembet ke partainya maupun ke lembaga DPR RI," kata Burhanuddin di Jakarta, Senin.

Apa yang dilakukan oleh Arifinto seharusnya dijadikan pelajaran berharga bagi anggota DPR RI lainnya sehingga kejadian yang memalukan itu tidak terulang lagi.

"Anggota DPR RI lainnya harus berhati-hati, harus pandai menjaga diri karena anggota DPR RI adalah milik publik. Masalah privasi harus dikurangi," kata Burhanuddin.

Ia menyatakan, meskipun telah mengakui perbuatannya, tapi tetap akan mempengaruhi PKS di mata masyarakat yang selama ini dikenal sebagai partai anti pornografi.

"Efeknya ke partai pasti ada ya, kejadian ini menjadikan PKS babak belur. Setidaknya sedikit mengurangi simpati dari masyarakat. Masyarakat tetap menganggap Arifinto sebagai elit PKS," katanya.

Arifinto sendiri sudah menyatakan mundur sebagai anggota DPR RI. Dia pun telah mengakui perbuatannya.

(Zul/S026)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011