Pemerintah harapkan literasi digital bantu produktivitas masyarakat

Pemerintah harapkan literasi digital bantu produktivitas masyarakat

Pembukaan literasi digital di Jayawijaya. ANTARA/Marius Frisson Yewun

ada hal-hal positif yang bisa mereka dapatkan
Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengharapkan pelaksanaan kegiatan literasi digital  di wilayahnya dapat meningkatkan produktivitas masyarakat salahsatunya melalui promosi produk unggulan yang bisa memberi manfaat bagi warga setempat.

Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono di Wamena, Senin, mengapresiasi upaya Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) yang telah mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

"Kami apresiasi dengan harapan ada hal-hal positif yang bisa mereka dapatkan dan harapan saya juga nanti akan disampaikan hal-hal negatif yang harus dihindari ketika kita juga menggunakan media sosial dalam era digitalisasi ini, sehingga manfaat yang kita dapatkan dari apa yang kita belajar bisa betul-betul kita terima dengan baik," katanya.

Tinggal Wusono mengatakan pada zaman digitalisasi sekarang, masyarakat Jayawijaya perlu menyesuaikan diri sebab banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika memanfaatkan digitalisasi.

"Dengan mempelajari ini mereka bisa memanfaatkan itu sehingga lebih dikenal, bisa mempromosikan apa yang dia miliki dan harapan saya juga mereka bisa menghasilkan uang untuk mereka. Dengan era digitalisasi ini banyak hal yang mereka dapatkan dengan mereka hanya di tempat tinggal masing-masing, tidak perlu ke kota, ke Jayapura," katanya.

Ia mengakui belum baiknya layanan internet di Jayawijaya menjadi kendala yang sampai saat ini masih terus diperjuangkan oleh pemerintah.

Upaya yang dilakukan misalnya berkoordinasi dengan PT.Telkomsel agar menyediakan layanan yang memadai, termasuk melalui Kementerian Kominfo telah dibangun sejumlah fasilitas internet di kampung-kampung.

"Kami sudah bersurat ke Telkomsel untuk penambahan kuota dan ada beberapa yang mereka penuhi meskipun belum sebagaimana yang kita harapkan. Terus di kampung-kampung ada tambahan pembangunan BTS dari pemerintah pusat. Dengan kondisi ini, nanti dengan terbukanya akses ini masyarakat kita bisa menggunakan secara baik dengan kondisi dan situasi, termasuk mempromosikan apa yang mereka miliki," katanya.

Baca juga: Kapolda Papua Barat ajak masyarakat bijak pilih tontonan
Baca juga: Keunikan dan daya tarik UMKM Papua di pasar digital
Baca juga: PON Papua dorong akselerasi transformasi digital di Bumi Cendrawasih

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar