Washington (ANTARA News) - Presiden Bank Dunia Robert Zoellick pada Selasa menyerukan ekonomi-ekonomi terkemuka di dunia untuk bertindak menjaga pemulihan ekonomi global di jalurnya, meskipun prioritas mereka sangat berbeda.

"Cara terbaik untuk G20 untuk menunjukkan bahwa ia masih hidup dan aktif adalah dengan melakukan sesuatu," katanya, menempatkan penekanan pada kata "melakukan".

Zoellick, berbicara dalam konferensi pers, ditanya apakah kelompok negara maju dan berkembang terkemuka G20 telah puas di tengah-tengah pemulihan global.

"Saya tentu berharap G20 belum puas karena ... kita tidak memiliki kekurangan masalah di luar sana," katanya, di antaranya naiknya harga pangan dan bahan bakar, kerusuhan politik di Timur Tengah dan kesulitan utang negara zona euro.

Setelah bekerja sama untuk bertahan dari krisis keuangan dan ekonomi 2008-2009, itu adalah "alami" bahwa G20 akan bergeser dalam penekanan dan prioritas dalam tahap pemulihan, kepala Bank Dunia menjelaskan.

Beberapa negara pasar berkembang menghadapi "risiko overheating" dan "potensi gelembung harga aset," tidak seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa, di mana pertumbuhan tidak terdengar.

Zoellick mengatakan ia berharap untuk memperoleh "beberapa hasil yang baik" dalam pembicaraan dengan G20 minggu ini, bagian dari banjir pertemuan di Washington karena Bank Dunia dan lembaga adiknya Dana Moneter Internasional (IMF) mengadakan pertemuan tahunan musim semi.

"Tantangan dalam pertemuan ini adalah untuk membuat orang terfokus pada menjaga pemulihan (dan) akan melawan krisis baru-baru ini," katanya seperti dilaporkan AFP.

Zoellick mengatakan bahwa ia akan menekankan dalam pembicaraan G20 serangkaian isu produksi pangan dan volatilitas harga pangan.
(A026)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011