Jakarta (ANTARA) - Grup K-Pop Sensational Feeling 9 atau disingkat dengan SF9 pada Senin merilis album EP ke-10 mereka bertajuk “Rumination” tepat pukul 18.00 waktu Korea Selatan atau 16.00 WIB.

Mengutip The Korea Herald pada Senin, SF9 mengatakan mini album ini semacam prekuel dari album “9lory” (2020) yang mengisahkan tentang sejarah pembentukan grup.

Sama seperti arti literal yang terkandung di dalam judulnya, “Rumination” merepresentasikan proses perenungan dan perjuangan yang telah dilalui bersama kesembilan personel. SF9 sendiri terdiri dari Inseong, Jaeyoon, Zuho, Youngbin, Dawon, Hwiyoung, Rowoon, Yoo Taeyang, dan Chani.

Menurut Youngbin, rilisan terbaru grup ini lebih dari sekadar album. Ia menambahkan bahwa kali ini SF9 kembali bersama di atas panggung setelah hampir empat bulan tak melakukan penampilan.

Baca juga: Indonesia pasar penghasil konten seputar K-pop terbanyak di TikTok

Taeyang mengatakan grup tersebut memutuskan untuk membawakan lagu bertempo cepat yang dapat menggairahkan para penggemar. Senada dengan hal itu, Hwiyoung juga berpendapat kali ini SF9 mencoba bernyanyi dan tampil lebih agresif di atas panggung.

Seluruh personel terlibat dalam proses penulisan lagu, termasuk lirik untuk tracklist utama “Trauma” yang ditulis oleh Youngbin, Zuho, dan Hwiyoung.

Zuho juga melibatkan diri sebagai komposer dan penulis lirik untuk “For Fantasy”, sebuah lagu yang berbicara tentang ungkapan perasaan cinta kepada para penggemar.

“Itu adalah lagu yang saya buat tiga tahun lalu. Seperti namanya,lagu ini mengungkapkan rasa terima kasih kepada penggemar karena telah mendukung kami setiap hari,” ujar Zuho.

Selain “Trauma” dan “For Fantasy”, rilisan kali ini juga dilengkapi dengan lagu R&B “Memory”, “Dreams”, “Gentleman”, “On and On”, dan “Scenario”.

Jaeyoon berharap grupnya dapat menembus posisi terbaik di sejumlah tangga musik melalui album EP “Rumination”. Meski demikian, ia menegaskan bahwa yang lebih penting adalah menorehkan kenangan bersama penggemar untuk membawakan lagu-lagu dalam album ini.

“Jika kami harus memilih apa yang ingin kami capai melalui promosi ini, kami ingin mendapatkan rekor yang lebih baik dari album kami sebelumnya. Tapi seperti yang Jaeyoon sebutkan, pencapaian terbaik adalah bisa bertemu penggemar melalui berbagai penampilan,” timpal Zuho.

Youngbin mengatakan dirinya ingin menunjukkan kepada penggemar dan publik bahwa SF9 adalah grup yang memiliki konsep berbeda dan unik. Menurutnya, SF9 tidak ingin membatasi diri sebagai grup yang hanya membawakan genre tertentu.

Youngbin juga berharap bahwa tujuh lagu terbaru dalam EP “Rumination” dapat menjadi album yang melekat serta berkesan di benak pendengar.

Baca juga: Album baru TWICE raih posisi ketiga Billboard 200

Baca juga: JOOX tayangkan MMA dan MAMA 2021 secara langsung

Baca juga: Kim Yo-han positif COVID-19, debut "School 2021" ditunda sepekan

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021