Tokyo (ANTARA News) - Timnas Jepang kelihatannya akan mengikuti turnamen sepak bola Copa America, setelah sebelumnya menyatakan mengundurkan diri karena gempa bumi dan tsunami di negara mereka.

Bencana alam 11 Maret lalu menghancurkan pusat tenaga nuklir di kawasan utara Jepang, menyebabkan kerusakan aliran listrik sehingga kompetisi Liga-J dibatalkan sebanyak lima putaran.

Pertandingan liga negara itu terpaksa diadakan pada Juli pada masa rehat kompetisi, tetapi bertabrakan dengan turnamen di Amerika, padahal Jepang yang juara Asia bukan anggota dan diundang khusus bersama Mexico ke turnamen di Amerika Selatan itu.

"Kami akan ambil bagian bila dapat memanggil beberapa pemain yang berada di klub asing, agar tidak berpengaruh besar pada kompetisi Liga-J," kata Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Jepang, Hiromi Hara kepada media Jepang seperti dikutip AFP.

Ia menambahkan, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan sedang meminta pada klub Eropa agar melepas para pemain mereka yang berasal dari Jepang agar dapat mengikuti turnamen Copa America 1-24 Juli di Argentina.

Sementara itu Liga-J dalam pertemuan dewan eksekutif menyetujui ambil bagian dalam Copa America dengan syarat pemain dari klub asing dapat pulang untuk bergabung dengan tim Samurai Biro asuhan Alberto Zaccheroni itu.

"Kami juga mengerti dengan kepentingan tim nasional dan kami menghormati ide asosiasi sepak bola Jepang," kata Direktur Liga-J dan Presiden Gamba Osaka, Kikuo Kanamori, seperti disiarkan kantor berita Jiji Press.

Presiden JFA Junji Ogura sebelumnya sudah bertemu dengan petinggi Konfedeasi Sepak Bola Amerika Selatan dan pengurus Asosiasi Sepak Bola Argentina minggu lalu.

Ogura mengatakan, ia mendapat jaminan bahwa badan sepak bola dunia FIFA sedang mengusahakan agar klub Eropa melepas pemain mereka dari Jepang untuk dapat bermain di Copa kendati status mereka hanya sebagai tamu.
(A008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011