Madrid (ANTARA) - Kabinet Spanyol siap menyetujui perpanjangan satu tahun untuk pembatasan pengambilalihan asing atas perusahaan Spanyol yang strategis, demikian sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters.

Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk melindungi ekonomi dalam menghadapi pandemi COVID-19, persetujuan pemerintah itu diperlukan untuk akuisisi lebih dari 10 persen perusahaan yang dianggap strategis, seperti halnya tawaran dari dana Australia IFM untuk mengambil alih Naturgy.

Salah satu sumber mengatakan perpanjangan itu akan disetujui dengan persyaratan serupa.

Kementerian ekonomi menolak berkomentar.

Berita itu, pertama kali dilaporkan oleh El Confidencial.com, muncul setelah dana AS KKR pada Minggu menawarkan untuk membeli Telecom Italia seharga 10,8 miliar euro (Rp173 triliun) dalam apa yang akan menjadi pembelian ekuitas swasta terbesar di Eropa.

Saham saingan Spanyol Telefonica naik 6,4 persen pada Senin tetapi memangkas sebagian besar kenaikan tersebut pada Selasa karena pemerintah tampaknya akan memperpanjang pembatasan.

Perpanjangan yang diharapkan itu menunjukkan bahwa pemerintah tidak akan mendukung tawaran untuk Telefonica, yang dianggap sebagai aset strategis untuk Spanyol, Caixabank BPI mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien.

Pembatasan, yang diperpanjang pada Juni hingga akhir Desember, juga berlaku untuk penawaran dari perusahaan yang berbasis di Uni Eropa.

Sumber: Reuters
Baca juga: Serangan siber serbu perusahaan Spanyol
Baca juga: Bolivia nasionalisasi perusahaan pengelola bandara milik Spanyol
​​​​​​​

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021