Ada satu siswi yang sudah hamil duluan dan menikah, sehingga yang bersangkutan mengundurkan diri untuk tidak mengikuti UN karena malu
Jember (ANTARA News) - Sejumlah siswa peserta ujian nasional (UN) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tidak mengikuti UN karena menikah.

"Ada dua siswi yang mengundurkan diri tidak mengikuti UN karena menikah," kata Kepala SMK Trunojoyo, Heru Triatmojo, di sela-sela pelaksanaan UN di sekolah setempat, Senin.

Menurut dia, jumlah peserta UN di SMK Trunojo sebanyak 158 siswa, namun empat peserta mengundurkan diri dengan berbagai alasan, sehingga peserta UN berkurang menjadi 154 siswa.

"Empat siswa mengundurkan diri dari UN karena menikah, pindah sekolah, dan tidak ada keterangan dari siswa yang bersangkutan," tuturnya.

Menurut dia, pihak sekolah tidak bisa berbuat banyak untuk siswa yang menikah terlebih dahulu, sebelum pelaksanaan UN.

"Ada satu siswi yang sudah hamil duluan dan menikah, sehingga yang bersangkutan mengundurkan diri untuk tidak mengikuti UN karena malu," paparnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 154 siswa peserta UN hadir semua dan tidak ada yang berhalangan sakit, bahkan satu siswa yang menggunakan kursi roda akibat kecelakaan tetap mengikuti UN di SMK Truojoyo.

Sementara di SMK Baitul Hikmah Kecamatan Tempurejo juga terdapat sebanyak dua siswi yang tidak ikut UN karena menikah.

"Ada dua siswi yang sudah lama tidak masuk sekolah. Setelah ditelusuri pihak sekolah, ternyata dua siswi itu sudah menikah," kata Kepala SMK Baitul Hikmah, Kasiyadi.

Menurut dia, jumlah peserta UN di SMK Baitul Hikmah sebanyak 119 siswa, namun dua siswi mengundurkan diri dari UN karena menikah.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Jember, Achmad Sudiyono mengaku belum mengetahui jumlah siswa yang tidak ikut UN karena menikah.

"Saya belum mendapat laporan dari sejumlah sekolah, namun tidak menutup kemungkinan ada siswa yang tidak ikut UN karena menikah. Hal itu terjadi hampir tiap tahun di Jember," paparnya.

Menurut dia, jumlah siswa yang mengikuti UN SMA, SMA Luar Biasa, dan MA di Jember sebanyak 10.098 siswa, sedangkan peserta UN SMK sebanyak 6.786 siswa.
(KR-MSW*F002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011